Mahasiswa (Foto:AzkaMaula)

10 Hal yang Sering Terjadi Pada Mahasiswa di Usia 20-an

Oleh azkamaula,

10 hal yang sering terjadi pada mahasiswa saat menginjak usia 20-an. Ada tawa, canda, hingga air mata.

BERITA JOGJA – Banyak banget hal yang akan terjadi saat usiamu masuk kepala dua. Fase penting dalam hidup banyak terjadi saat memasuki usia 20 ke atas. Seperti 10 hal berikut ini, sering terjadi pada mahasiswa yang kuliah di Jogja.

Mahasiswa (Foto:AzkaMaula)

Mahasiswa (Foto:AzkaMaula)

Bikin Rencana Hidup

Usia mengunjak 20-an itu biasanya diikuti dengan membuat perencanaan hidup. Lulus berapa tahun, cari kerja yang bagaimana, lalu menikah umur berapa. Makin tua emang makin realistis dan lebih hati-hati sih soalnya.

Skripsi

Usia 20-an bakal ketemu sama yang namanya skripsi. Itu juga kalau belum DO sih. Menghadapi skripsi ini bakal jadi fase yang tak terlupakan dan melatib kedewasaan berpikir. Soalnya selain menghadapi penelitian, bikin skripsi juga harus berhadapan dan sabar sama urusan birokrasi dan segala macam peraturan yang menyita emosi.

Wisuda

Ini momen paling ditunggu setelah 3-7 tahun kuliah. Kalau zaman dulu, yang ditunggu saat momen wisuda ini pergeseran tali toga. Kalau sekarang, yang ditunggu itu foto-foto sama kejutan dari orang-orang terdekat yang datang saat wisuda.

Perpisahan

Usia 20-an akhir bakal banyak menemui perpisahan sama teman atau sahabat. Apalagi pas selesai kuliah. Masing-masing akan mengejar cita-cita. Entah itu di Jogja atau di kota lain.

Menyaksikan Pernikahan

Satu lagi yang sering terjadi pada mahasiswa di usia 20-an yaitu menyaksikan pernikahan teman-teman. Bagi yang belum lulus kuliah, ini sering terjadi disertai pertanyaan “kapan nyusul” atau saran “cepetan digarap skripsinya biar lulus terus menyusul” dan lain-lain.

Dilema

Usia 20-an bakal penuh dilema. Entah soal pekerjaan atau hubungan percintaan. Misalnya saja buat mereka yang mau balik ke daerah masing-masing setelah lulus kuliah bakal dilema buat apakah lanjut sama pacar yang di Jogja atau putus. Pun dengan dilema apa balik ke kota asal atau menetap. Bisa juga galau menentukan mau lanjt S2 atau cari kerja.

Mencari Kerja

Setelah lulus hal yang dilakukan adalah mencari kerja. Semua peluang dijabanin. Saat ada pameran bursa kerja langsung datang bawa berkas dan sertifikat lainnya. Ada juga yang mulai merintis karier jadi pengusaha.

Gaji Pertama

Ada mahasiswa yang kuliah sambil nyambi kerja berdasar skill yang dimiliki. Entah itu jadi desainer, wartawan, model, musisi cafe, penulis, penyiar radio, peneliti, dan lain-lain. Terus dari kerjaannya itu bakal dapat gaji pertama. Rasanya bangga banget, apalagi kalau dari gaji itu bikin enggak nodong orang tua lagi.

Tapi, biasanya, kalau udah merasakan enaknya nyari duit sendiri, kuliah jadi nomor sekian dah. Sementara itu hal sama juga terjadi di usia 20-an bagi mereka yang sudah dapat kerja. Setelah dapat gaji pertama, bawaannya mau jajan aja.

Negosiasi Diri

Ada upaya negosiasi mendamaikan idealisme dan realita yang sedang dihadapi. Mereka yang dibesarkan dengan idealisme tertentu saat kuliah bakal menemui tembok besar dalam realita setelah lulus kuliah.

Patah Hati

Saat menjalani hubungan dengan serius dan sudah merencanakan sesuatu yang besar tiba-tiba kandas. Melayang cita cinta dan imajinasi yang setiap hari dijaga dan dipertahankan. Selanjutnya kembali dari awal untuk mencari orang yang cocok untuk dijadikan teman hidup.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar