195 Siswa di Jogja Saling Contek Soal UN Bahasa Indonesia via Line

Oleh Kresna,

Ada yang mengirim foto soal di layar komputer lalu dikirim dan meminta bantuan jawaban.

BERITA JOGJA – Sebanyak 195 siswa di Jogja saling mencontek saat Ujian Nasional (UN) melalui Grup aplikasi perpesanan Line. Peristiwa ini terjadi saat ujian pertama SMA, Senin (4/4) kemarin. Kecurangan ini baru ketahuan usai UN ketika ada siswa yang melaporkan kejadian.

Aplikasi Line (Dok. Istimewa)

Aplikasi Line (Dok. Istimewa)

“Dalam grup line mereka saling membantu memberikan kunci jawaban. Ada yang mengirim foto soal di layar komputer lalu dikirim dan meminta bantuan jawaban. Ada empat foto CBT dan tiga foto PBT yang ada di grup itu,” papar Ketua Ombudsman Jogjakarta Budi Masturi.

Budi melanjutkan mereka menerima laporan dari siswa yang setelah ujian mendapati banyak pesan dalam apikasi line-nya. Pesan-pesan tersebut berisi jawaban soal Bahasa Indonesia. “Sebagian besar peserta grup tidak saling mengenal. Ini yang akan kita tindak lanjuti laporan ini,” ungkapnya.

Kejadian ini tidak hanya terjadi tahun ini saja. Tahun kemarin ada peristiwa yang persis sama terjadi di kalangan siswa. “Tiap tahun terjadi. Ini kenapa sampai HP masuk ruang ujian. Ada pembiaran atau tidak, akan kami telusuri,” ungkapnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar