3 Trik Menjalankan Usaha Rumahan dengan Modal Minim

Oleh Zaenu R,

Berikut tips dan trik punya usaha dengan modal minim

BERITA JOGJA – Modal sangat dibutuhakan dalam menjalani usah. Modal bisa bermacam-macam jenisnya. Mulai dari modal finansial, tenaga, waktu bahkan ide dan kreativitas. Tanpa semua itu, usaha yang kita jalani akan sia-sia.

Persiapan modal usaha adalah langkah awal dari kesuksesan Anda di masa mendatang. Dengan nominal yang kecil pun, beragam usaha rumahan bisa Anda jalankan asalkan mempersiapkan bekal-bekal lain seperti yang dijelaskan pada paragraf pertama artikel ini.

Beberapa jenis usaha yang bisa Anda jalankan dengan modal minim yaitu seperti bisnis online dengan sistem dropship, bisnis kuliner ringan, warung kopi sederhana, usaha pulsa yang akan dibutuhkan banyak orang. Untuk menjalankan usaha-usaha tersebut, perhatikanlah beberapa hal berikut ini:

Usaha rumahan untuk mahasiswa (Dok. istimewa)

Usaha rumahan untuk mahasiswa (Dok. istimewa)

Memutuskan Jenis Usaha yang Tepat

Sebelum betul-betul terjun berwirausaha, Anda harus memiliki pertimbangan yang sangat matang untuk memutuskan jenis usaha apa yang akan Anda jalani. Sebab hal ini akan menentukan keberlangsungan usaha Anda ke depannya.

Tak perlu terburu-buru dalam memutuskan, berikanlah waktu untuk berpikir dan sesuaikan juga dengan passion yang Anda miliki. Sebab mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan passion akan juga dilakukan dengan maksimal dan sepenuh hati yang tentunya akan sangat berpengaruh terhadap usaha yang Anda jalani. Jika perlu telusuri tren peluang usaha 2016 yang ada untuk tambahan referensimu dalam mengambil keputusan.

Manfaatkan Kreativitas

Dalam berwirausaha modal yang tak kalah penting dari uang yaitu kreatifitas. Sebab Anda akan selalu membutuhkannya untuk menyiasati kompetisi yang ada di luar sana. Inovasi-inovasi yang berani dan brilian pasti dibutuhkan dalam mengembangkan usaha yang Anda miliki.

Belum lagi hal tersebut juga bisa dipakai dalam strategi bisnis rumahan yang apik agar dikenal lebih banyak orang. Banyak pebisnis di luar sana yang memiliki banyak uang untuk digunakan sebagai modal usahanya, namun hanya sedikit di antara mereka yang memiliki kreatifitas tinggi untuk terus bertahan di industri yang dijalani.

Reputasi Usaha

Setelah memahami dua poin di atas, Anda juga perlu memerhatikan kualitas produk yang Anda jual untuk mempertahankan reputasi usaha yang Anda jalani. Jangan biarkan konsumen Anda kecewa karena kualitas produk yang Anda tawarkan cenderung tidak ada perkembangan atau bahkan menurun. Ingat bahwa kepuasan konsumen akan sangat berarti bagi usaha yang Anda jalani. Sebab dengan mendapatkan kepuasan dengan produk Anda, secara otomatis Anda juga akan mendapatkan relawan untuk menyebarkan cerita baik untuk teman-temannya.

Artinya, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk diiklankan secara cuma-cuma oleh konsumen terbaik Anda. Hal itu akan menjadi nilai tambah bagi usaha yang Anda jalani. Kapan lagi mendapatkan promosi gratis dari pelanggan?

Selalu fokus dengan usaha yang Anda jalani, kerahkan semua source yang Anda miliki mulai dari tenaga, waktu, pikiran, kreativitas, dan juga bantuan dari tim yang Anda miliki. Bekerja sama dalam membangun usaha impian demi hasil yang memuaskan.

Jadi, intinya keberhasilan sebuah usaha tidaklah ditentukan dari modal dana yang besar yang dimiliki oleh seorang wirausahawan, namun konsistensi seorang wirausahawan tersebut untuk bekerja keras dan terus melakukan inovasi-inovasi yang brilian dalam pengembangan usahanya. Untuk tahap awal, tak perlu membayangkan profit yang tinggi, namun bagaimana Anda bisa menghasilkan suatu produk yang berarti dan berkesan di mata pelanggan Anda. Dengan demikian secara beriringan profitpun akan mengejar Anda.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar