HUT Jogja ke-259 (Sumber Jogjakota.go.id)

4 Oktober, Pedagang Pasar Tradisional di Jogja Gelar Kirab

BERITA JOGJA – Memeringati Hari Ulang Tahun Kota Jogja ke-259, paguyuban pedagang pasar tradisional bersama Dinas Pengelolaan Pasar (Dinlopas) Kota Jogja akan menggelar kirab pedagang pasar. Kirab tersebut akan diselenggarakan pada Minggu, (4/10) mendatang dengan mengambil rute dari Pasar Beringharjo hingga Pasar Ngasem. Menurut Rudi Firdaus, Kepala Bidang Pengembangan Dinlopas Kota Jogja, kirab pasar tradisional […]

HUT Jogja ke-259 (Sumber Jogjakota.go.id)

HUT Jogja ke-259 (Sumber Jogjakota.go.id)

BERITA JOGJA – Memeringati Hari Ulang Tahun Kota Jogja ke-259, paguyuban pedagang pasar tradisional bersama Dinas Pengelolaan Pasar (Dinlopas) Kota Jogja akan menggelar kirab pedagang pasar. Kirab tersebut akan diselenggarakan pada Minggu, (4/10) mendatang dengan mengambil rute dari Pasar Beringharjo hingga Pasar Ngasem.

Menurut Rudi Firdaus, Kepala Bidang Pengembangan Dinlopas Kota Jogja, kirab pasar tradisional mengambil tema “Pasare Resik, Rejekine Apik, Sing Tuku Ora Kecelik” (Pasarnya bersih, rejekinya bagus, dan pembeli tidak tertipu). Dengan mengambil tema tersebut, diharapkan semakin banyak masyarakat yang akan berbelanja di pasar tradisional.

Rudi menambahkan bahwa dalam kirab tersebut akan diikuti oleh kurang lebih 2100 pedagang pasar tradisional yang berasal dari 20 pasar di Kota Jogja. Nantinya dalam kirab tersebut, masing-masing pedagang pasar akan menampilkan karakteristik dan keunggulan dari pasar di mana mereka berjualan.

“Pasar Telo Karangkajen akan menampilkan ketela. Pasar Terban akan menampilkan gunungan ayam, ini karena Pasar Terban dikenal juga sebagai sentra pasar ayam di Jogja. Pasar Sentul akan menampilkan jagung sebagai ikonnya,” jelas Rudi.

Kirab pedagang pasar tradisional akan dimulai pada pukul 14.30 WIB. Kirab akan diakhiri dengan acara memerebutkan sebuah gunungan yang diarak atau dikenal juga dengan acara rayahan gunungan.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar