4 Program BPJS Ketenagakerjaan yang Perlu Kamu Ketahui

Oleh Zaenu R,

Inilah empat manfaat yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Ilustrasi BPJS (Dok Istimewa)

Ilustrasi BPJS (Dok Istimewa)

BERITA JOGJA – Sejak berganti nama dari PT Jamsostek menjadi BPJS, perusahaan ini memang mengubah paradigma layanannya terhadap masyarakat, khususnya para pekerja formal dan non-formal. Setelah resmi beroperasi mulai 1 Juli 2015 lalu, kartu keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan telah banyak dikantongi oleh para pekerja. Meski demikian, belum banyak yang mengerti manfaatnya secara mendalam bagi perlindungan diri para pekerja dari resiko-resiko yang mungkin dialaminya.

Untuk diketahui, manfaat yang ditawarkan oleh program BPJS Ketenagakerjaan ini cukup lengkap karena mencakup dari perlindungan jiwa hingga jaminan hari tua. Kira-kira ada empat program yang dapat dirasakan oleh pekerja yang telah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, di antaranya adalah jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun.

Untuk merasakan manfaat-manfaat tersebut, Anda tak perlu bekerja di sektor formal saja, karena kini pekerja di bidang non-formal pun dapat merasakan manfaat maksimal dari program ini. Berdasarkan Undang-undang No. 24 tahun 2011 tentang BPJS Ketenagakerjaan, semua pekerja di Indonesia dapat mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan termasuk di antaranya pekerja di sektor non-formal.

Apabila perusahaan tidak bersedia mendaftarkan pekerjanya untuk mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan, maka pekerja bisa melaporkan hal tersebut ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dan perusahaan tersebut akan mendapatkan sanksi.

Mau tahu lebih jelas tentang empat manfaat yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan, simak ulasannya berikut ini.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar