ilustrasu duduk

4 Tips Menghindari Bahaya Terlalu Lama Duduk

BERITA JOGJA – Aktivitas duduk terlihat seperti hal yang sangat sepele, karena banyak orang yang melakukan aktivitas ini hampir di semua tempat seperti di kantor, rumah, kafe,dan banyak tempat lainnya. Aktivitas duduk terlihat seperti suatu kegiatan paling aman dan tanpa resiko bagi manusia. Namun, siapa sangka ternyata aktivitas yang sepele ini dapat memicu penyakit yang […]

BERITA JOGJA – Aktivitas duduk terlihat seperti hal yang sangat sepele, karena banyak orang yang melakukan aktivitas ini hampir di semua tempat seperti di kantor, rumah, kafe,dan banyak tempat lainnya. Aktivitas duduk terlihat seperti suatu kegiatan paling aman dan tanpa resiko bagi manusia.

ilustrasu duduk

Istimewa

Namun, siapa sangka ternyata aktivitas yang sepele ini dapat memicu penyakit yang serius. Menurut penelitian yang dilakukan oleh The Diabetes Group at the University of Leicester, mengungkap bahwa seseorang yang terlalu lama duduk mempunyai resiko yang cukup besar untuk terserang penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung, dan memperpendek usia. Untuk mengatasi resiko datangnya penyakin berbahaya akibat terlalu banyak duduk, para peneliti menyarankan agar tubuh lebih banyak melakukan aktivitas fisik dari pada hanya duduk-duduk terlalu lama.

Salah satu cara yang dianjurkan oleh Prof. Stuart Biddle dari Loughborough University untuk meredam efek buruk karena terlalu banyak duduk, adalah dengan pergi ke tempat gym. Namun, tentu saja tak semua orang sempat atau mau pergi ke gym karena berbagai alasan. Nah, buat Anda yang enggan untuk pergi ke gym, ada beberapa tips mudah dan murah untuk meredam efek terlalu banyak duduk, yaitu:

  1. Bangun pagi dan berolahraga sekitar 30 menit untuk memperlancar peredaran darah dan menyehatan persendian Anda sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Anda dapat memulainya dengan berjalan santai, berlari pelan, atau bahkan bersepeda. Banyak-banyaklah beraktivitas di pagi hari sebelum Anda terjebak dengan rutinitas duduk di sekolah, tempat kerja, menonton tv, atau yang lainnya.
  2. Bagi para pekerja kantoran, usahakan menyempatkan beberapa menit untuk berjalan-jalan di sekitar ruangan setelah kira-kira setengah jam Anda duduk berhadapan dengan kertas kerja atau layar monitor. Berjalan dapat melancarkan kembali peredaran darah dan mengendurkan persendian setelah lama duduk.
  3. Bagi penyuka dunia maya atau hobi nogkrong berjam-jam di cafe, maka berikan istirahat pada mata, berjalanlah dengan santai keluar tempat duduk, sapa dunia nyata sejenak atau teman seberang meja, itu sudah membantu untuk lagi-lagi memperlancar peredaran darah.
  4. Banyaklah minum air putih. Tentu saja selain murah meriah, air putih juga membantu Anda untuk sering pergi ke toilet, otomatis Anda dipaksa untuk berjalan, dan tentu saja selama perjalanan ke toilet Anda sudah sedikit memperlancar peredaran darah.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar