40 Mata Air di Sleman Terancam Rusak

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Masalah ketersediaan air di Kabupaten Sleman selama beberapa hari terakhir jadi bahasan serius Kepala SKPD dan Muspida. Makin meningkatnya kebutuhan air dari ledakan jumlah penduduk di Sleman tak ayal lagi membuat Pemkab bersiap melestarikan sumber daya air yang tersisa. Kadin ESDM Sleman, Ir Sapto mengatakan bahwa di Sleman terdapat sekitar 600 sumber […]

BERITA JOGJA – Masalah ketersediaan air di Kabupaten Sleman selama beberapa hari terakhir jadi bahasan serius Kepala SKPD dan Muspida. Makin meningkatnya kebutuhan air dari ledakan jumlah penduduk di Sleman tak ayal lagi membuat Pemkab bersiap melestarikan sumber daya air yang tersisa.

40 mata air Sleman terancam kering

Ilustrasi Mata Air (Govita Bateman)

Kadin ESDM Sleman, Ir Sapto mengatakan bahwa di Sleman terdapat sekitar 600 sumber mata air. Namun, yang bisa dimanfaatkan teridentifikasi sumber airnya baru sekitar 182.

“Sedangkan untuk 2014 kita baru membangun konstruksi untuk sumber mata air sebanyak 37 buah dan dikelola enam Organisasi Petugas Pengelola Mata Air,” katanya, Rabu (18/3) usai memperingati Hari Air se-Dunia di Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Mendengar kondisi sumber daya air di Sleman ini, Bupati Sleman, Sri Purnomo berjanji akan serius mengampanyekan pembangunan sumber mata air. Ia akan melakukan tiga langkah konkrit yaitu membangun penurapan atau bak air yang disalurkan, memelihara mata air, dan menanam pohon di kawasan tangkapan air.

“Perlu diketahui saat ini jumlah mata air yang terancam sekitar 40. Jumlahnya akan meningkat jika masyarakat tidak peduli dengan kelestariannya,” kata Sri.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar