47 Ribu Warga Jogjakarta Masih Buta Aksara

BERITA JOGJA – Sebanyak 47 ribu warga Jogjakarta masih buta aksara. Jumlah ini sendiri didapatkan dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Jogjakarta hingga akhir 2014. Kepala Disdikpora Jogjakarta, Baskara Aji, mengatakan bahwa data ini didapatkan dari tiap Kabupaten/Kota kecuali Gunungkidul. Kabupaten Bantul sendiri tercatat sebagai yang tertinggi dari validasi data tersebut. Baskara Aji […]

BERITA JOGJA – Sebanyak 47 ribu warga Jogjakarta masih buta aksara. Jumlah ini sendiri didapatkan dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Jogjakarta hingga akhir 2014.

Indonesia minim jurnalis lingkungan

Istimewa

Kepala Disdikpora Jogjakarta, Baskara Aji, mengatakan bahwa data ini didapatkan dari tiap Kabupaten/Kota kecuali Gunungkidul. Kabupaten Bantul sendiri tercatat sebagai yang tertinggi dari validasi data tersebut.

Baskara Aji juga mengakui bahwa untuk menekan angka buta aksara adalah hal yang sulit. “Langkah membebaskan buta aksara bukan hal yang mudah. Padahal kami sudah berupaya menggandeng sejumlah LSM, PKK, dan Pramuka untuk menyosialisasikan pentingnya bisa membaca dan menulis,” tuturnya baru-baru ini.

Kendati sulit, pihak Disdikpora Jogjakarta terus berupaya untuk menakan angka tersebut. Salah satunya dengan bekerjasama dengan seluruh Dinas Kabupaten/Kota di Jogjakarta. “Kami sudah membuat MoU yang isinya komitmen untuk memberantas buta aksara,” pungkasnya.

 

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar