Sultan HB IX

5 Fakta Unik Sri Sultan HB IX

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Banyak orang tua yang masih ingat betul sosok Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) IX. Dari cerita para orang tua, Sultan HB IX dikenal ramah dan dekat dengan rakyat. Tak hanya orang tua, anak muda Jogja pun dibuat penasaran dengan sosok Raja Kraton tersebut. Dari catatan yang dikumpulkan Beritajogja.id, ada lima fakta unik Sri […]

BERITA JOGJA – Banyak orang tua yang masih ingat betul sosok Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) IX. Dari cerita para orang tua, Sultan HB IX dikenal ramah dan dekat dengan rakyat. Tak hanya orang tua, anak muda Jogja pun dibuat penasaran dengan sosok Raja Kraton tersebut.

Dari catatan yang dikumpulkan Beritajogja.id, ada lima fakta unik Sri Sultan HB IX. Berikut kisahnya.

Sultan HB IX

Istimewa

PNS Pertama di Indonesia

Pengakuan Sri Sultan HB IX sebagai PNS pertama di Indonesia dicetuskan Almarhum GBPH Joyokusumo. Gusti Joyo, sapaan akrab GBPH Joyokusumo mengisahkan bahwa Sultan dilantik menjadi PNS pada tahun 1942 dengan NIP 010000001. Adapun NIP yang diberikan membuktikan keabsahan kisah tersebut dan disimpan oleh pihak keluarga.

Bapak Pramuka

Pada 14 Agustus 1961 Sukarno mengenalkan organisasi pramuka yang lahir dari kepanduan. Sri Sultan HB IX menerima bendera panji-panji kepramukaan dari Sukarno sekaligus menandakan ia menjadi Bapak Pramuka Indonesia.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar