keahlian yang harus dimiliki pendaki gunung

5 Keahlian yang Harus Dimiliki Seorang Pendaki Gunung

Oleh Maya Eka,

BERITA JOGJA – Saat ini mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang paling digemari oleh banyak anak muda. Setiap akhir pekan ada banyak orang yang meluangkan waktu naik gunung. Bagi sebagian orang, menikmati keindahan alam di atas gunung merupakan salah satu kegiatan paling efektif untuk melepas penat di akhir pekan. Buat kalian yang hobi naik […]

BERITA JOGJA – Saat ini mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang paling digemari oleh banyak anak muda. Setiap akhir pekan ada banyak orang yang meluangkan waktu naik gunung. Bagi sebagian orang, menikmati keindahan alam di atas gunung merupakan salah satu kegiatan paling efektif untuk melepas penat di akhir pekan.

keahlian yang harus dimiliki pendaki gunung

Istimewa

Buat kalian yang hobi naik gunung dan ingin terlihat keren, tapi bukan karena fashion dengan perlengkapan mahal, maka kuasailah beberapa keahlian bertahan hidup di alam terbuka berikut ini. Karena percayalah kemampuan untuk bertahan di alam bebas membuat kamu terlihat keren daripada peralatan mahal yang digunakan.

Memasak

Keahlian ini memang cukup sepele, namun memasak di sini bukan hanya sekadar memasak mie instan atau air panas untuk menyeduh kopi. Kamu akan terlihat lebih keren jika bisa memasak olahan seperti gulai, nasi goreng, sayur, opor, dan berbagai olahan lainnya di atas gunung. Saat ini masih banyak pendaki yang mengandalkan mie instan dan roti untuk menu makan utama di atas gunung. Bayangkan jika kamu berada di gunung selama dua hari atau lebih, dan hanya mengonsumsi mie instan. Betapa tersiksanya perut dan lidah.

Navigasi

Keahlian ini cukup penting. Tak jarang orang tersesat atau salah jalan ketika mendaki, hal ini karena kurangnya kemampuan navigasi, membaca arah, dan mencari jejak. Jika mengusai kemampuan ini, tentu saja kamu tidak hanya akan terlihat keren, namun juga akan menjadi andalan rombongan.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar