Ilustrasi mistis (Dok.Istimewa)

5 Kisah Mistis di Kampus UST Jogja

Lima kisah mistis yang cukup melegenda di Kampus UST

BERITA JOGJA – Tiap kampus di Jogja punya kisah mistis yang tak pernah hilang ditelan zaman. Salah satu yang cukup legendaris adalah kisah-kisah mistis yang ada di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST). Seperti lima kisah berikut ini:

Ilustrasi mistis (Dok.Istimewa)

Ilustrasi mistis (Dok.Istimewa)

Sekretariat UKM

Di kompleks sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di Kampus 3 UST menjadi salah satu tempat yang menyimpan kisah mistis. Menurut penuturan Mustaqim, mantan pegiat UKM di UST, ada beberapa penampakan yang sering muncul di kompleks ini. Misalnya di dekat Sekretariat Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Pendapa. Seorang teman Mustaqim pernah melihat sosok perempuan berambut panjang terurai hingga punggung mengenakan gaun putih dengan mata merah menyala saat menjelang subuh.

“Ketika itu, teman saya mau keluar sekretariat Pendapa untuk mengambil air wudhu. Tiba-tiba di depannya muncul sosok perempuan dengan wajah mengerikan. Teman saya langsung teriak dan lari masuk ke sekre,” cerita Mustaqim.

Kamar Mandi di Kompleks UKM

Masih di Kompleks UKM, ada juga penampakan lainnya. Menurut Mustaqim, di kamar mandi bagian belakang Kompleks UKM sering ada yang melihat penampakan hantu tanpa kepala. Biasanya saat malam hari ketika sedang ke kamar mandi untuk buang air besar atau air kecil.

“Ada beberapa ruang kamar mandi. Hantu tanpa kepala itu tidak mesti munculnya di mana. Kadang di kamar mandi pojok kadang yang tengah. Tapi banyak yang sudah menjumpai sosok itu. Biasanya tiap ada yang jerit-jerit di kamar mandi pasti habis ketemu hantu tanpa kepala,” ujar Mustaqim.

Pendapa Agung Taman Siswa

Di Pendapa Agung yang berada di Jalan Taman Siswa, ada beberapa kisah mistis. Salah satunya seperti yang diceritakan oleh Jono, warga yang tinggal di dekat Pendapa Agung.

Menurut penuturan Jono, di Pendapa Agung itu sering terlihat ada aktifitas semacam sekolah gamelan. Biasanya akan terdengar suara gamelan tapi begitu didatangi tidak ada yang bermain gamelan.

“Biasanya saat malam-malam tertentu suara gamelan itu muncul. Suaranya ramai. Kayak ada aktifitas orang belajar gamelan. Saya pernah liat tapi cuma kayak bayangan gitu,” jelas Jono.

Mushola Kampus I

Di Kampus I UST yang berada di Jalan Kusumanegara pun menyimpan sebuah cerita mistis. Menurut cerita dari Rian, mahasiswa di Kampus I, cerita mistis banyak dirasakan di Mushola Kampus I.

“Di mushola yang diresmikan ileh Presiden Soekarno itu sering ada penampakan. Biasanya kalau ada orang shalat di situ, tiba-tiba ada yang menjadi jamaah saat shalat. Tapi gak pernah ganggu, cuma ikutan shalat saja,” ujar Rian.

Ruang Kuliah FKIP Kampus

Di salah satu ruang kuliah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) juga terdapat cerita mistis. Di malam-malam tertentu sering terdengar ada suara-suara seperti meja dipukul. Namun jika didatangi ke ruangan tersebut, suara meja dipukul akan hilang.

Menurut penuturan Joko, salah seorang mahasiswa. Pernah ada yang melihat penampakan yang memukul-mukul meja.

“Sosoknya tinggi besar. Laki-laki. Rambutnya panjang terus ada taring yang menyeringai. Matanya merah. Ada tanduknya. Menurut yang pernah ngelihat ya seperti itu wujudnya,” cerita Joko.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar