Pantai di Jawa Barat (Foto: Istimewa)

5 Pantai yang Wajib Dikunjungi di Jawa Barat

Oleh Maya Eka,

Jawa Barat juga punya destinasi wisata pantai yang tak kalah menarik dari Bali dan Lombok seperti 5 pantai berikut ini.

BERITA JOGJA – Wisata pantai masih menjadi salah satu destinasi yang paling sering dikunjungi wisatawan. Beragam kegiatan menyenangkan juga bisa kita lakukan di pantai. Kita bisa bermain pasir, berenang, ataupun berjemur di terik matahari yang hangat. Di Indonesia sendiri, daerah-daerah yang memiliki wisata pantai memiliki potensi pariwisata yang cukup tinggi, Bali dan Lombok misalnya.

Namun, untuk berkunjung ke Bali dan Lombok pastinya akan memakan biaya yang cukup mahal, meski bepergian dengan kartu kredit bayangkan tagihan yang akan datang kepadamu kelak. Tidak mau kalah dengan Bali dan Lombok, ternyata Jawa Barat juga punya destinasi wisata pantai yang tak kalah menarik. Simak ya 5 pantai yang mempesona seperti di bawah ini:

Pantai di Jawa Barat (Foto: Istimewa)

Pantai di Jawa Barat (Foto: Istimewa)

Pantai Batu Karas

Pantai ini terletak kurang lebih 34 km dari Pangandaran, persisnya di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang. Gelombang ombak yang dimiliki pantai ini sudah cukup terkenal sehingga sering diserbu peselancar domestik dan internasional. Tidak hanya peselancar, wisatawan yang hanya ingin menikmati suasana nyaman dan tenang banyak yang berdatangan ke sini.

Di sini Anda juga bisa menikmati suasana pantai dengan berkemah atau berperahu bersama keluarga dan kerabat tercinta. Di sekitar area pantai, banyak tersedia hotel dan penginapan, camping ground, tempat-tempat ibadah dan toko cinderamata yang lengkap.

Pantai Pananjung

Pantai Pananjung berada di lingkungan cagar alam Pangandaran, Ciamis. Dari Jakarta jarak yang ditempuh untuk bisa sampai ke sina memakan waktu sekitar 8-9 jam. Fasilitas yang ditawarkan wisata pantai yang satu ini juga tak kalah lengkap (Baca juga: Inilah Tempat Kuliner Bandung yang Rasanya Bikin Nagih).

Di pantai ini kita dapat bersepeda keliling area pantai, mencoba kano atau snorkeling, berjalan-jalan santai, hiking atau mengunjungi beberapa goa-goa alami dan buatan yang ada seperti di antaranya ada Goa Lanang, Goa Mudal dan masih banyak lagi. Jika kalian menyenangi pantai dengan gelombang ombak yang ramah dan memiliki pasir putih.

Pantai Rancabuaya

Pantai yang satu ini lokasinya terletak di kabupaten Garut tepatnya di Desa Purbayani Kecamatan Caringin. Lokasi wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi mereka peselancar yang mencari ombak besar, sebab ombak yang dimiliki memang sangat cocok untuk berselancar.

Keunikan dari pantai ini yaitu ada air terjun yang langsung berhadapan dengan pantai. Jika berkunjung kita juga bisa menangkap ikan-ikan kecil yang senang bermain di sela-sela karang yang besar.

Tak perlu khawatir, di sini kalian bisa memilih penginapan sesuai yang kalian inginkan, tempat parkirnya pun sangat luas dan leluasa. Banyak saung-saung dan lesehan khas pantai untuk kalian yang ingin menikmati pantai sambil bersantai.

Pantai Sayang Heulang

Pantai ini juga terletak di kabupaten Garut, tepatnya di Desa Mancagahar, kecamatan Pameungpek. Sayang Heulang sendiri memiliki makna sarang burung elang, sebab banyak burung elang yang bisa kita lihat di sini. Air lautnya sangat jernih dan pemandangan indah merupakan salah satu keunggulan pantai ini. Di sisi kiri kalian dapat menikmati hijaunya gunung Papandayan dan kapal-kapal nelayan yang berseliweran kesana kemari.

Pantai Ujung Genteng

Pantai yang terletak di Ciracap, Sukabumi ini memiliki pasir putih yang terbentang luas. Air lautnya jernih dan ombak yang tenang akan membuatmu rileks jika berkunjung ke sini. Jarak tempuh dari Jakarta menuju pantai ini kira-kira akan memakan waktu sekitar 6-8 jam.

Minat berkunjung ke-5 pantai tadi? Pastikan kamu sudah memilih penginapan-penginapan terdekat dengan lokasi wisata pantaimu ya! Mau lebih hemat? Sebelum melakukan perjalanan, pesan hotel sesuai kebutuhanmu melalui Rajakamar.com karena akan ada tambahan diskon sebesar 12% khusus pemegang kartu kredit BCA berlogo Visa dan Mastercard yang berlaku setiap hari di semua hotel tanpa minimum transaksi.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar