Kura-kura air jenis Red Ears Slider. (Foto: Cahyo P.E. beritajogja.id)

5 Tips Memelihara Kura-Kura Bagi Pemula

BERITA JOGJA – Bagi sebagian orang, memelihara binatang adalah sebuah hobi. Salah satu binatang yang banyak dipelihara adalah kura-kura. Bentuknya yang lucu, warnanya yang bagus dan kesan jinak biasanya menjadi alasan orang untuk memelihara kura-kura. Memelihara kura-kura tentu gampang-gampang susah. Banyak hal yang harus dipelajari dan dipersiapkan untuk memelihara kura-kura. Salah dalam cara merawatnya, kura-kura […]

BERITA JOGJA – Bagi sebagian orang, memelihara binatang adalah sebuah hobi. Salah satu binatang yang banyak dipelihara adalah kura-kura. Bentuknya yang lucu, warnanya yang bagus dan kesan jinak biasanya menjadi alasan orang untuk memelihara kura-kura.

Kura-kura air jenis Red Ears Slider. (Foto: Cahyo P.E. beritajogja.id)

Kura-kura air jenis Red Ears Slider. (Foto: Cahyo P.E. beritajogja.id)

Memelihara kura-kura tentu gampang-gampang susah. Banyak hal yang harus dipelajari dan dipersiapkan untuk memelihara kura-kura. Salah dalam cara merawatnya, kura-kura bisa mati. Berikut ini Beritajogja.id akan memberikan tips memelihara kura-kura air atau lazim disebut turtle. Tips ini disarikan dari wawancara dengan Kalif Ali, seorang penghobi dan pemelihara kura-kura yang bergabung di komunitas Madiun Gila Kura (MGK).

Gunakan Air Sumur
Memelihara turtle tentu membutuhkan air sebagai medium utama memeliharanya. Air sumur dianggap sebagai salah satu air yang memenuhi syarat untuk memelihara turtle. Menurut Kalif Ali, air sumur memiliki kadar keasaman yang cocok untuk turtle hidup, dan hampir sesuai dengan habitat asli di alamnya. Penggunaan air sumur lebih disarankan dibandingkan penggunaan air PAM yang mengandung kaporit. Kaporit yang terkandung dalam air PAM bisa menyebabkan kerak pada karapas (cangkang kura-kura). Selain itu kaporit juga bisa menyebabkan penyakit-penyakit lainnya.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar