8000 Pulau di Indonesia Tak Bernama

BERITA JOGJA – Sebanyak 8000 pulau di Indonesia belum punya nama. Kondisi ini membuat pemerintah berpotensi kehilangan satu demi satu pulau tersebut. Prof. Hartono, Ketua Umum Ikatan Geografi Indonesia menjelaskan kemungkinan hilangnya pulau ini. Menurutnya ada dua sebab yang membuat Indonesia kehilangan pulau. Pertama, adalah dicaplok negara lain dan sebab kedua adalah pemanasan global. “Ada […]

BERITA JOGJA – Sebanyak 8000 pulau di Indonesia belum punya nama. Kondisi ini membuat pemerintah berpotensi kehilangan satu demi satu pulau tersebut. Prof. Hartono, Ketua Umum Ikatan Geografi Indonesia menjelaskan kemungkinan hilangnya pulau ini.

Pulau di Indonesia

Istimewa

Menurutnya ada dua sebab yang membuat Indonesia kehilangan pulau. Pertama, adalah dicaplok negara lain dan sebab kedua adalah pemanasan global. “Ada ancaman pulau-pulau kecil akan hilang karena pengubahan iklim dan ulah manusia,” katanya, Kamis (9/4) ditemui di Fakultas Geografi UGM.

Menurutnya jika sampai hilang, Indonesia akan rugi besar. Pasalnya banyak pulau yang memunyai sumber daya alam yang besar. “Banyak dari pulau itu yang punya SDA. Ada mangrove dan tempat terumbu karang. Sayang sekali kalau sampai hilang,” tuturnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar