9 Tahun Tak Dinafkahi Suami, Supriyanti Gadai Sertifikat Demi Hidup

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Saat pacaran, kita bicara cinta. Namun saat menikah kita membincang hidup. Demikian kata Supriyanti, warga Sayegan yang selama sembilan tahun ditinggal pergi suaminya yang hilang entah ke mana. Sembilan tahun pula Supriyanti menghidupi dua anaknya, Adriyanti (20) dan Apriyani (12) tanpa uang dari suaminya. “Saya sehari-hari jadi tukang masak. Bantu tetangga yang […]

BERITA JOGJA – Saat pacaran, kita bicara cinta. Namun saat menikah kita membincang hidup. Demikian kata Supriyanti, warga Sayegan yang selama sembilan tahun ditinggal pergi suaminya yang hilang entah ke mana.

Supriyanti ditinggal pergi suaminya

Istimewa

Sembilan tahun pula Supriyanti menghidupi dua anaknya, Adriyanti (20) dan Apriyani (12) tanpa uang dari suaminya. “Saya sehari-hari jadi tukang masak. Bantu tetangga yang membutuhkan saja,” ceritanya, Rabu (25/2) di Pengadilan Negeri (PN) Sleman.

Demi memenuhi kebutuhan hidup dan SPP anaknya yang menunggak, Supriyanti nekad menggadaikan sertifikan tanah warisan atas nama Apriyani. Namun karena masih di bawah umur, dirinya mengajukan perbuatan hukum ke PN Sleman. “Nanti uangnya mau digunakan untuk membayar SPP anak dan mau buka usaha ayam potong. Biar bisa hidup, ” ceritanya di depan Hakim Wayan Wirawati saat sidang.

Mendengar cerita Supriyanti dan dua saksi, Dani serta Sukardiono tetangganya, hakim meminta agar perempuan 35 tahun ini melengkapi berkas. Salah satunya ke Pemerintah Desa (Pemdes) dan Kartu Keluarga (KK).

“Jika ingin mengajukan perwalian sertifikat tanah, harus meminta izin dari suami dulu. Tapi karena suami Ibu pergi, jadi harus minta keterangan dari Pemdes,” ujarnya.

Supriyanti sendiri menyanggupinya. Rencananya pada sidang lanjutan pekan depan ia sudah menyelesaikan berkas yang diminta. “Supaya anak-anak saya enggak kesulitan lagi. Soal suami, biarin saja dia pergi. Saya enggak mau mencarinya. Kalau memang tersisa perasaan pada saya dan anak, dia pasti pulang,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar