Ada Berapa Orang dalam Tubuhmu? Simak Ciri-Ciri Kepribadian Ganda

Oleh Jatu Raya,

Berikut ciri fisik dan bahasa tubuh yang bisa digunakan untuk melihat apakah ada benih kepribadian ganda dalam diri seseorang

BERITA JOGJA – Orang yang berkepribadian ganda itu nyata. Tidak hanya ada di film-film seperti Jeckyl and Hyde atau tokoh Smeagol dalam Lord of The Rings. Kepribadian ganda nyata dan bisa saja ada dalam diri kamu sendiri.

Menurut ilmu psikologi, seperti yang dipaparkan Psikolog Afin Murtiningsih ada sejumlah ciri fisik dan bahasa tubuh yang bisa digunakan untuk melihat apakah ada benih kepribadian ganda dalam diri seseorang.

ilustrasi orang berkepribadian ganda. (Foto Dok Istimewa)

ilustrasi orang berkepribadian ganda. (Foto Dok Istimewa)

Berikut ciri-ciri kepribadian ganda tersebut:

Perubahan Hobi yang Ekstrim

Benih kepribadian ganda bisa muncul dari orang-orang yang punya hobi berubah-ubah secara ekstrim. Misalnya orang itu suka olahraga tapi tiba-tiba tidak mau berolahraga dan lebih memilih bernyanyi. “Pengubahan ini umumnya tidak disadari oleh orang yang punya atau benih kepribadian ganda,” beber Afin.

Karakter Cepat Berubah

Benih kepribadian ganda bisa muncul pada orang yang mempunyai karakter yang cepat berubah. Misalnya orang yang ramah tiba-tiba jadi jutek dalam waktu sekejap dan tidak sadar akan pengubahan itu. “Sifat-sifat yang berkebalikan sering muncul secara tiba-tiba. Ada yang pemalu tapi di waktu yang sebentar bisa jadi over PeDe,” jelasnya.

Punya Keterampilan yang Berubah-Ubah

Misalnya saja orang yang tidak bisa main gitar tiba-tiba dalam waktu tertentu sudah sangat jago memainkan not-not susah. Padahal sebelumnya tidak pernah belajar bermain gitar.

Cenderung Pelupa

Orang yang cenderung punya kepribadian ganda biasanya mudah lupa akan hal-hal dasar. Misalnya lupa hari ulang tahunnya sendiri lalu mengatakan tanggal lain sebagai hari kelahirannya. “Bahkan ada juga kasus yang sampai lupa nama istirinya atau lupa bahwa dirinya pernah menikah dan mempunyai anak,” sambungnya.

Sering Merasa Cemas

Penyandang kepribadian ganda sering merasa cemas dengan hal-hal yang sering ada dalam lamunannya. Misalnya dalam suatu waktu dia cemas karena mendnegar langkah kaki padahal tidak ada siapa-siapa di sekitarnya bahkan sampai yang paling ekstrim adalah tidak merasa ada ketika sedang melakukan aktivitas fisik.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar