Mata uang Rp10 ribu

Adrianus Mooy, Penggagas Wajah Sultan HB IX dalam Uang Rp10 Ribu

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Sri Sultan Hamengku Buwono (IX) adalah sosok maha penting di Indonesia. Semasa ia memimpin Jogjakarta sebagai Gubernur dan Raja Kraton, sultan mampu mengindonesiakan para pendatang dengan pemikiran dan penciptaan atmosfer sosial yang ditularkan pada seluruh warga. Adrianus Mooy merasakan betul suasana itu ketika berkuliah di Jogja puluhan tahun lalu. Gubernur Bank Indonesia […]

BERITA JOGJA – Sri Sultan Hamengku Buwono (IX) adalah sosok maha penting di Indonesia. Semasa ia memimpin Jogjakarta sebagai Gubernur dan Raja Kraton, sultan mampu mengindonesiakan para pendatang dengan pemikiran dan penciptaan atmosfer sosial yang ditularkan pada seluruh warga.

Mata uang Rp10 ribu

Mata uang Rp10 ribu bergambar Sultan (Istimewa)

Adrianus Mooy merasakan betul suasana itu ketika berkuliah di Jogja puluhan tahun lalu. Gubernur Bank Indonesia periode 1988-1993 ini ingat betul suasana Jogja kala itu. Pada Julius Pour, ia mengisahkan kenangan atas Jogja.

“Jogja telah membentuk saya menjadi orang Indonesia. Di kota tersebut datang segala macam suku bangsa dan mereka semua bisa bermasyarakat dengan harmonis dan tenteram,” kenang Adrianus.

Hutang budinya pada Sultan yang mampu menciptakan keharmonisan di Jogja kala itu ditebusnya tahun 1992. Setahun sebelum turun jabatan, ia menampilkan wajah Sri Sultan ke dalam mata uang kertas.

“Waktu itu secara kebetulan jelang tahu terakhir jabatan saya sebagai Gubernur Bank Indonesia saya menampilkan wajah Sultan dalam mata uang,” ceritanya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar