Akbar Tanjung Ungkap 3 Alasan Lafran Pane Pantas Jadi Pahlawan

Tiga alasan menurut Akbar Tanjung dinilai cukup untuk menyematkan gelar Pahlawan Nasional pada Lafran Pane.

BERITA JOGJA – Ketua DPR RI periode 1999-2004, Akbar Tanjung menghadiri seminar yang membahas usulan Lafran Pane (Baca: Lafran Pane: Sarjana Ilmu Politik Pertama di Indonesia), tokoh pendiri HMI menjadi pahlawan nasional, Jumat (5/2) di Kantor Walikota Jogja. Dalam seminar itu, Akbar membeberkan tiga alasan kenapa Lafran Pane pantas diangkat menjadi pahlawan nasional.

Akbar Tanjung (kanan) bersama Walikota Jogja, Haryadi Suyuti. (Foto: CahyoPE)

Akbar Tanjung (kanan) bersama Walikota Jogja, Haryadi Suyuti. (Foto: CahyoPE)

alasan pertama adalah Lafran Pane lewat HMI yang didirikannya, mampu menjadi organisasi yang memiliki spirit kebangsaan, keIndonesiaan dan bernafaskan Islam. Lewat HMI pula, kader-kader didikan Lafran Pane menjadi tokoh-tokoh yang membangun bangsa.

Alasan kedua, adalah Lafran Pane merupakan tokoh pemuda yang turut berjuang saat era kemerdekaan. Bersama pemuda dari Menteng 31 yang terdiri dari Lafran Pane, BM Diah, Sayuti Melik, Adam Malik, Chaerul Saleh dan beberapa nama lainnya turut menjadi pemuda yang merintis kemerdekaan Indonesia.

Alasan ketiga, sumbangsih keilmuan Lafran Pane sebagai seorang akademisi dan pengajar di Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) turut mengisi Indonesia.

“Dari alasan-alasan tersebut, kami, keluarga alumni HMI akan mengusulkan Lafran Pane sebagai pahlawan nasional. Diawali dari daerah Jogja, kami sepakat akan mengusulkan lewat Pemkot Jogja. Nantinya, Pak Walikota akan ikut mengusulkan Lafran Pane sebagai pahlawan

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar