Aliansi Anti Penipuan Sastra Kawal Proses Hukum Saut Situmorang

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Aliansi Anti Penipuan Sastra membuat pernyataan sikap terkait penjemputan paksa Saut Situmorang di kediamannya, Kamis (26/3) oleh Kepolisian Resor Jakarta Timur. Saut sendiri dijemput paksa atas pelaporan Fatin Hamama yang memerkarakan penyair gimbal ini dengan UU ITE. Salah seorang anggota aliansi, Irwan Bajang, menyatakan bahwa pihaknya akan terus mengawal proses hukum Saut […]

BERITA JOGJA – Aliansi Anti Penipuan Sastra membuat pernyataan sikap terkait penjemputan paksa Saut Situmorang di kediamannya, Kamis (26/3) oleh Kepolisian Resor Jakarta Timur. Saut sendiri dijemput paksa atas pelaporan Fatin Hamama yang memerkarakan penyair gimbal ini dengan UU ITE.

Sebelum dibawa ke Jakarta dengan kereta api, kawan-kawan Saut berdoa agar masalah bisa cepat selesai

Sebelum dibawa ke Jakarta dengan kereta api, kawan-kawan Saut berdoa agar masalah bisa cepat selesai. (Foto: Kresna)

Salah seorang anggota aliansi, Irwan Bajang, menyatakan bahwa pihaknya akan terus mengawal proses hukum Saut Situmorang yang kini tengah menjalani pemeriksaan di Jakarta. “Proses kriminalisasi Saut akan kami kawal bersama. Saut bukan kriminal, ia adalah kritikus yang ingin melindungi sastra Indonesia dari manipulasi uang dan kepentingan yang mencemarkan sastra,” tegasnya, Jumat (27/3) siang.

Adapun pelaporan Saut sendiri bermula dari komentar ‘bajingan’ saat menanggapi tulisan Iwan Soekri di dinding grup Facebook “Anti Pembodohan Buku 33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Berpengaruh”. Bajang sendiri menegaskan adanya pernyataan sikap ini bukan soal Saut saja. Sebab, dukungan tidak hanya datang dari kawan atau kerabat namun juga para sastrawan yang pernah berselisih dengan penyair yang terkenal blak-balakan ini.

“Persoalan ini bukan hanya soal Saut, tapi lebih dari itu. Ada soal belenggu kebebasan berekspresi, arogansi uang, pasal karet warisan kolonial, tertutupnya batok kepala kita atas dinamika perbedaan pendapat dengan beragam ekspresi,” tegasnya.

 

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar