Anak Muda Galau Rentan Gabung ISIS

BNPT mengindikasikan paham ISIS mencari target anak muda yang masih mudah bimbang di Indonesia untuk diajak bergabung.

BERITA JOGJA РAnak muda di Indonesia saat ini menjadi  target untuk direkrut menjadi bagian dari kelompok ISIS. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir seusai menjadi pembicara dalam dialog pencegahan paham ISIS di kalangan mahasiswa yang diselenggarakan di Kampus UMY, Selasa (15/9) pagi.

Anak Muda Galau Rentan Gabung ISIS

Anak Muda Galau Rentan Gabung ISIS (Sumber Boston Globe)

Menurut Abdul Rahman, pihak BNPT mengindikasikan paham ISIS mencari target anak muda yang masih mudah bimbang di Indonesia untuk diajak bergabung dengan gerakan mereka. Meskipun mengetahui sasaran target perekrutan anggota ISIS namun pihak BNPT belum mengetahui pasti siapa saja orang Indonesia yang sudah bergabung dengan ISIS.

“Kelompok yang ada di sini merekrut anak-anak muda yang masih gampang bimbang. Karena memang yang muda gampang dipengaruhi. Secara agama juga mereka juga belum matang. Dimasukin ayat sedikit saja mereka bisa goyah,” tegasnya.

Abdul Rahman menambahkan bahwa pihak BNPT memerkirakan sudah ada kurang lebih 500 orang Indonesia yang bergabung dengan ISIS. Meskipun demikian BNPT masih kesulitan untuk melakukan pendataan siapa saja orang Indonesia yang sudah bergabung dengan ISIS. Kebanyakan mereka yang bergabung dengan ISIS, tidak secara langsung pergi ke Suriah namun mereka menuju negara lain dulu dengan alasan umrah atau wisata. Dari negara tujuan itu mereka menuju Suriah dan bergabung dengan ISIS.

“Kita nanti baru tahu pasti ada warga Indonesia bergabung dengan ISIS, ketika warga kita itu menjadi korban meninggal. Oh ternyata ini orang Indonesia, itu setelah ada rilis,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar