Anggota Polisi yang Jadi Calo Tes Polri Bakal Disikat

BERITA JOGJA – Langkah Polda Jogja dalam mengungkap kasus percaloan pendaftaran anggota Polri dan CPNS di lingkungannya patut untuk diapresiasi. Pasalnya, Kapolda Jogjakarta Kombes Pol Erwin Triwanto menegaskan tidak akan menolerir anggotanya yang menjadi calo. “Sejak awal saat apel jelang pendaftaran masuk caba (calon bintara) saya katakan, tidak menolerir sekecil apapun jika ada calo dari […]

BERITA JOGJA – Langkah Polda Jogja dalam mengungkap kasus percaloan pendaftaran anggota Polri dan CPNS di lingkungannya patut untuk diapresiasi. Pasalnya, Kapolda Jogjakarta Kombes Pol Erwin Triwanto menegaskan tidak akan menolerir anggotanya yang menjadi calo.

Polda Jogja

Polda Jogjakarta (Foto: Cahyo PE)

“Sejak awal saat apel jelang pendaftaran masuk caba (calon bintara) saya katakan, tidak menolerir sekecil apapun jika ada calo dari anggota yang mencoba menjadi perantara. Begitu pelanggaran langsung terbukti pidana, kita pidanakan,” ancamnya.

Bagi anggota yang kedapatan menjadi calo penerimaan anggota Polri, pihaknya mengatakan akan menjeratnya dengan pasal 372 dan 378 KUHP tentang penipuan atau penggelapan dengan ancaman empat tahun. Selain mendapatkan sanksi hukum, tersangka juga berhadapat dengan sidang kode etik. Apabila terbukti bersalah, besar kemungkinan yang bersangkutan bisa diberhentikan dari institusi.

“Tergantung dari vonis yang diberikan hakim. Kalau memnang memenuhi syarat pemecatan kita lalukan. Namun pastinya kita lihat nanti,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar