Istimewa

Angka Kriminalitas Naik Drastis, Jogja Bakal Bernasib Seperti 21 Tahun Lalu

Oleh Jatu Raya,

Tingginya angka kriminalitas di Jogja tahun 1994 membuat diberlakukannya jam malam. Masyarakat hanya boleh keluar rumah sampai jam 10 malam.

BERITA JOGJA – Tiap akhir tahun kepolisian selalu membeberkan statistik keamanan di Jogja. Dari sana akan terlihat apakah angka kriminalitas naik atau turun di Jogja. Antisipasi bakal selalu dilakukan pihak kepolisian untuk menekan angka kriminalitas dengan berbagai cara dari tahun ke tahun.

Istimewa

Istimewa

Kebijakan paling ekstrim untuk menekan angka kriminalitas di Jogja terjadi pada 1994. Kebijakan itu diberlakukan karena angka kriminalitas di Jogja tahun 94 meroket. Penjambretan, curanmor, penganiayaan berat, putaw, sampai uang palsu jadi pemandangan sehari-hari. Kapolwil Jogjakarta kala itu, Kolonel (Pol) Drs.H.Anwar SH memberlakukan kebijakan jam malam dan dikenal dengan Operasi Kecoa.

Semua kegiatan yang masi berlangsung jam 10 malam akan langsung dibubarkan. Aparat juga langsung menindak tegas orang-orang yang dianggap pembuat onar langsung diciduk dan diperiksa. Operasi ini juga didukung oleh TNI hingga hansip. Jam malam dengan Operasi Kecoa ini difokuskan di daerah-daerah rawan kejahatan seperti Sleman, Kota Jogja, dan Bantul.

Nah, setuju enggak jam malam diberlakukan lagi kalau nanti angka kriminalitas meningkat tajam?

 

 

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar