Antisipasi Pulau Hilang, TNI AL Lakukan Pendataan Ulang

BERITA JOGJA – TNI AL siap mendata ulang jumlah pulau di Indonesia. Kesiapan ini dikemukakan setelah mengetahui banyaknya jumlah pulau yang belum bernama (Baca: 8000 Pulau di Indonesia Tak Bernama) dan berpeluang hilang. Selain itu, informasi mengenai jumlah pulau yang baru-baru ini didata ditakutkan tidak sepenuhnya benar. Kepala Kelompok Peneliti Dinas Hidro Oseaongrafi TNI AL […]

BERITA JOGJA – TNI AL siap mendata ulang jumlah pulau di Indonesia. Kesiapan ini dikemukakan setelah mengetahui banyaknya jumlah pulau yang belum bernama (Baca: 8000 Pulau di Indonesia Tak Bernama) dan berpeluang hilang.

Pulau di Indonesia

Istimewa

Selain itu, informasi mengenai jumlah pulau yang baru-baru ini didata ditakutkan tidak sepenuhnya benar. Kepala Kelompok Peneliti Dinas Hidro Oseaongrafi TNI AL Kolonel Laut Haris Djoko Nugroho mengatakan bahwa saat dilakukan pendataan kemarin jumlahnya justru berkurang 3000 pulau.

“Survei terakhir tahun 2008-2010. Meski disinyalir berkurang kita berharap jumlahnya nanti setelah didata ulang akan mendekti 17 ribu,” ujarnya, Kamis (9/4) saat Seminar di Fakultas UGM.

Dirinya pun memastikan tidak akan ada lagi pulau yang hilang seperti Sipadan dan Ligitan. “Kalau untuk pulau saya tegaskan tidak akan hilang,” tutupnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar