Awas, Banyak Jamu yang Dicampur Bahan Kimia

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Balai Besar POM Jogjakarta mengingatkan pada masyarakat agar berhati-hati saat mengonsumi jamu dan obat tradisional. Pasalnya pihak Balai Besar POM banyak menemukan jamu atau obat tradisional yang dicampur bahan kimia. Hal ini dikemukakan Dra. Diah Tjahjonowati, Apt.Msi, Pelaksana Harian Balai Besar POM Jogjakarta.Tidak sedikit jamu atau obat tradisional seperti ini ditemukan. Ia […]

BERITA JOGJA – Balai Besar POM Jogjakarta mengingatkan pada masyarakat agar berhati-hati saat mengonsumi jamu dan obat tradisional. Pasalnya pihak Balai Besar POM banyak menemukan jamu atau obat tradisional yang dicampur bahan kimia.

Jamu

Istimewa

Hal ini dikemukakan Dra. Diah Tjahjonowati, Apt.Msi, Pelaksana Harian Balai Besar POM Jogjakarta.Tidak sedikit jamu atau obat tradisional seperti ini ditemukan. Ia pun membeberkan ciri-ciri jamu atau obat tradisional yang dicampur bahan kimia.

“Ada jamu atau obat yang ketika diminum itu langsung bikin badan jreng lagi. Itu sebenarnya dicampur dengan bahan kimia, karena kalau jamu efeknya tidak langsung tapi bertahap. Dampaknya juga bakal merusak organ tubuh setelah diminum, entah besoknya atau lusa, ” jelasnya.

Oleh karena itu Diah berharap agar masyarakat berhati-hati. Begitu juga dengan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. Untuk tablet atau kaplet, masyarakat harus menyimpannya sesuai keterangan. Apakah di tempat kering atau basah.

“Sementara itu untuk sirup, jangan disimpan terlalu lama meskipun belum kadaluarsa. Ketika penyakit sudah reda, obat sirup harus segera dibuang karena khasiatnya sudah tidak sama lagi,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar