Awas! Durhaka Sama Orang Tua Bisa Dipenjara 3 Tahun

Oleh Jatu Raya,

Berdasarkan UU PKDRT, anak yang menelantarkan orang tuanya ketika dewasa bisa dipenjara tiga tahun atau denda paling banyak Rp15 juta.

BERITA JOGJA – Kasih orang tua sepanjang hayat. Mereka akan terus mengasihi dan menyayangi anaknya sekuat tenaga dan sepanjang usia. Namun bagaimana dengan anak?

“Menjawabnya dengan sudut pandang sosial atau psikologi itu gampang. Jawabnya iya, karena anak harus punya kasih sayang yang sama besarnya ke orang tua. Jadi agak tidak mungkin kalau orang tua ditelantarkan anak ketika sudah tua. Tapi kalau menjawabnya memakai sudut pandang hukum, bakal agak rumit,” jelas Wiwik Triatmini SH, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pengadilan Negeri (PN) Sleman.

durhaka

Wiwik menjelaskan bahwa anak yang dengan sengaja menelantarkan orang tua saat dewasa bisa dikenakan hukuman pidana. Ada dua Pasal yang bisa dikenakan pada anak yang menelantarkan orang tuanya saat dewasa. Pertama, menilik Pasal 46 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (UU Perkawinan). “Ayat (1) berbunyi anak wajib menghormati orang tua dan menaati kehendak mereka yang baik. Kedua, jika anak telah dewasa, ia wajib memelihara menurut kemampuannya” terangnya.

Sayangnya, pasal ini tidak menjelaskan lebih lanjut sejauh mana ukuran kedewasaan anak, bagaimana bentuk pemeliharaan orang tua, dan apa sanksi atau akibat hukum jika melanggarnya. “Tapi jelas UU sudah mengamanatkan agar anak mau memelihara orang tua saat mereka telah dewasa atau saat orang tua sudah renta atau sudah tidak bisa bekerja,” jelasnya.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar