Istimewa

Ayo #RamaikanSelatan, Pulang Bawa Arsip Gratis

BERITA JOGJA – Yayasan Indonesia Buku atau yang lebih dikenal dengan IBOEKOE menggelar perayaan literasi bertajuk #RamaikanSelatan, Rabu (22/4) hingga Kamis (23/4) di kantor IBOEKOE. Perayaan sakral bagi pecinta buku ini rencananya akan dimulai pukul 19.00 WIB hingga 01.00 WIB dini hari. Fairuzul Mumtaz, mewakili panitia menjelaskan, gelaran ini sendiri menjadi spesial karena bertepatan dengan […]

BERITA JOGJA – Yayasan Indonesia Buku atau yang lebih dikenal dengan IBOEKOE menggelar perayaan literasi bertajuk #RamaikanSelatan, Rabu (22/4) hingga Kamis (23/4) di kantor IBOEKOE. Perayaan sakral bagi pecinta buku ini rencananya akan dimulai pukul 19.00 WIB hingga 01.00 WIB dini hari.

#RamaikanSelatan

Poster #RamaikanSelatan (Dokumen IBOEKOE)

Fairuzul Mumtaz, mewakili panitia menjelaskan, gelaran ini sendiri menjadi spesial karena bertepatan dengan tiga tanggal penting di kalander. Pertama adalah Hari Kartini pada 21 April, Hari bumi sehari setelahnya, dan hari buku pada 23 April. “Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk merayakan sembilan tahun IBOEKOE berdiri sejak 21 April 2006,” katanya dalam pers rilis yang diterima redaksi, Selasa (21/4) petang.

Adapun tentang tajuk #RamaikanSelatan, Muhidin M. Dahlan, salah satu pendiri lembaga menjelaskan alasannya. Menurutnya, Selatan menunjuk pada wilayah yang minimum secara perekonomian, namun maksimum secara seni dankreativitas. “Bila Utara punya sekian banyak kampus keren, Selatan cukup punya kampus legendarus, Institut Seni Yogyakarta (ISI), ” jelasnya.

Adapun rangkaian acara #RamaikanSelatan adalah Pengenalan Katalog Offline Warung Arsip (Warsip), Pengenalan Dinding Massa, Pengenalan Studio Radio Buku, Launching Buku Aku dan Buku: Kisah-kisah Perjumpaan Pribadi dengan Buku, Launching Coffee Shop Bintang Mataram 1915. “Ada juga musik akustik dan monolog esai oleh mahasiswa ISI Jogjakarta,” beber Fairuzul.

Selain itu selama dua hari pengunjung akan dimanjakan dengan pameran literasi visual oleh komunitas Street Art dan Ruang Kelas SD. Pengunjung juga dapat membawa pulang arsip, kliping media massa, majalah, suara, buku, dan lain sebagainya yang dimiliki lembaga ini hingga 200 GB. “Boleh dibawa pulang secara gratis. Jadi tunggu apa lagi, ayo #RamaikanSelatan,” ajak Muhidin semringah.

 

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar