Bacakan Pledoi, Dosen UGM Terdakwa Penipuan Ungkap Kejanggalan Tuntutan

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Kuasa Hukum SS, terdakwa kasus dugaan penipuan pembelian lima condotel membacakan pledoi pembelaan di depan Majelis Hakim yang dipimpin Marliyus SH, Selasa (12/5) siang di Pengadilan Negeri (PN) Sleman. Dalam nota pembelaan, kuasa hukum, Dedy Rukmadi dan Heru Sulistyo,mengemukakan pandangan mengenai sejumlah fakta yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum dan tuntutan yang janggal. […]

BERITA JOGJA – Kuasa Hukum SS, terdakwa kasus dugaan penipuan pembelian lima condotel membacakan pledoi pembelaan di depan Majelis Hakim yang dipimpin Marliyus SH, Selasa (12/5) siang di Pengadilan Negeri (PN) Sleman.

Kasus Sebrat

Istimewa

Dalam nota pembelaan, kuasa hukum, Dedy Rukmadi dan Heru Sulistyo,mengemukakan pandangan mengenai sejumlah fakta yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum dan tuntutan yang janggal. Menurut kuasa hukum, saksi korban, VD, tidak mengalami kerugian dalam kasus ini sehingga pasal 372 yang dikenakan JPU tidak bisa diterima.

“Lima condotel yang dibeli oleh saksi AH belum balik nama dan masih atas nama VD. Ini dibuktikan dengan keterangan VD di persidangan bahwa dirinya tidak merasa dirugikan,” baca Dedy Rukmadi.

Kuasa hukum menambahkan bahwa berdasar keterangan Saksi ahli Prof.Dr.Eddy O.S Hiiariej, seorang pakar hukum yang dihadirkan ke persidangan ketika ditanya hakim anggota soal pasal 372 dan 378 berpendapat bahwa delik materiil baru bisa didakwaka ketika dan karena adanya kerugian yang timbul sebagai akibat perbuatan.

Pihak kuasa hukum juga memandang bahwa tuduhan bahwa kliennya tidak menyerahkan uang muka pembelian condotel dari AH ke VD juga tidak terbukti. Pasalnya terdakwa memberikan keterangan bahwa saat ketiganya bertemu di Hotel Shangrila Jakarta untuk proses jual beli, VD mengaku pada AH bahwa uang muka sudah diterima.

“Saat bertemu di hotel, saksi AH menanyakan apakah VD sudah menerima uang muka dari SS, dijawab ‘sudah Bapak, terima kasih Bapak’, ” tambahnya.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar