Putri Kraton

Badan Wangi Seperti Putri Kraton Jogja? Makan Buah Kepel

Oleh Maya Eka,

BERITA JOGJA – Sejak dulu, putri-putri Kraton digambarkan berparas ayu, kulit bersih, dan aroma tubuhnya yang wangi. Salah satu rahasia putri Kraton Jogja zaman dahulu, ternyata terdapat dalam buah kepel. Buah yang bernama latin Stelechocarpus Burahol, atau yang sering disebut dengan nama buah burahol. Buah ini memiliki khasiat menghilangkan bau badan. Pada zaman dahulu, para […]

BERITA JOGJA – Sejak dulu, putri-putri Kraton digambarkan berparas ayu, kulit bersih, dan aroma tubuhnya yang wangi. Salah satu rahasia putri Kraton Jogja zaman dahulu, ternyata terdapat dalam buah kepel. Buah yang bernama latin Stelechocarpus Burahol, atau yang sering disebut dengan nama buah burahol.

Putri Kraton

Istimewa

Buah ini memiliki khasiat menghilangkan bau badan. Pada zaman dahulu, para putri kraton rutin mengkonsumsi buah kepel ini, guna menjaga aroma tubuhnya agar tetep wangi.

Buah kepel memiliki daging buah berwarna jingga dan memiliki aroma seperti bungan mawar bercampur dengan buah sawo. Perpaduan aroma ini menciptakan aroma wangi yang sangat khas. Dalam penampilannya, buah kepel memiliki ciri khasnya sendiri. Jika pada umumnya buah tumbuh pada dahan atau ranting pohon, maka buah kepel justru tumbuh dan nemepel pada batang pohon utama.

Selain itu, apa bila buah Kepel ini dimakan, akan berpengaruh terhadap aroma sekresi tubuh, seperti keringat, air seni dan nafas. Buah kepel berkhasiat sebagai deodorant alami, yang membuat tubuh tetap wangi ketika berkeringat. Hal inilah yang menjadi rahasia para puteri keraton zaman dulu untuk menjaga aroma tubuhnya agar tetap wangi meski berkeringat.

Saat ini, di Jogja sendiri buah kepel cukup sulit ditemukan. Hal ini dikaranakan banyak yang beranggapan bahwa buah ini merupakan buah para ningrat. Sehingga tidak banyak masyarakat yang menanam pohon buah kepel di halaman rumahnya mereka.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar