Tarekat Mason

Bangunan di Jogja yang Diduga Kuat Peninggalan Freemason

Selain loji, salah satu bangunan yang diduga kuat peninggalan tarekat mason adalah Tugu Jogja.

BERITA JOGJA – Freemason adalah organisasi yang berkembang di negara-negara Eropa. Mereka mengajarkan ajaran lalu menyematkan sejumlah simbol tertentu di bangunan-bangunan negara-negara. Sejumlah kota di Indonesia, yang memiliki keterkaitan dengan bangsa Eropa sejak maraknya kolonialisme juga tak luput dari hal ini. Contohnya Jogja.

Tarekat Mason

Salah satu potret dalam buku Stevens tentang perkumpulan Tarekat Mason di Jogja dan Semarang. (Foto: Dokumen Ardiyansyah)

Masuknya ajaran freemason ke Jogja dituliskan Dr.T.H. Stevens dalam “Tarekat Mason Bebas dan Masyarakat di Hindia Belanda dan Indonesia 1764-1962″. Dalam laporan yang sudah dibukukan itu, Steven mengistilahkan ajaran Freemason di Jogja dan kota-kota di Jawa dengan Tarekat Mason.

Bangunan yang diduga kuat merupakan peninggalan tarekat mason di Jogja adalah sejumlah loji, tulis Stevens. Loji-loji besar yang berdiri sejak era kedatangan Belanda jadi tempat anggota tarekat untuk bertemu dan mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan simbol-simbol yang akan disematkan.

Selain loji, salah satu bangunan yang diduga kuat peninggalan tarekat mason adalah Tugu Jogja. Isu ini sudah berhembus kencang sejak lima tahun lalu, tepatnya 2010 setelah adanya kecurigaan simbol-simbol mason di tugu. Waktu itu tanduk unicorn di puncak tugu dan bintang david di salah satu sisi tugu jadi sebab kuat adanya dugaan itu.

Adanya dugaan ini diperkuat melalui tulisan Stevens bahwa pembangunan besar-besaran dilakukan oleh Belanda sejak 1860 di Jogja dan Semarang. Pembangunan itu merupakan program kerja Majelis Tahunan Nederland bernama “Batu Kaisar”. Program ini bertujuan menyebarkan ajaran Mason melalui peletakkan simbol pada bangunan berbidang tegak. Apalagi sebagaimana yang diketahui, tugu yang berdiri saat ini didirikan Belanda pada 1889 mengganti tugu asli yang rusak terkena gempa pada 1867.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar