Banyak Sapi di Gunungkidul Mendadak Mati Misterius

Oleh Maya Eka,

Gunungkidul digemparkan dengan matinya sejumlah sapi milik warga secara misterius. Setidaknya sudah ada lebih dari empat laporan warga ke Dinas Peternakan Kabupaten Gunungkidul.

Ilustrasi Sapi Mati Misterius

Sumber Warta Kesehatan

 

BERITA JOGJA – Gunungkidul digemparkan dengan matinya sejumlah sapi milik warga secara misterius. Setidaknya sudah ada lebih dari empat laporan warga ke Dinas Peternakan Kabupaten Gunungkidul terkait dengan kematian sapi-sapi tersebut.

Kasus tersebut dialami oleh Caring. Dua ekor sapi miliknya mati mendadak, padahal pada sore hari masih sehat namun malam hari sapi ditemukan mati. Hal serupa juga dialami Taryo, sapinya mati mendadak padahal sebelumnya masih sehat.

“Kami sudah menerima laporan itu. Kami sudah menerjunkan tim ke rumah warga untuk melihat. Sayangnya kita tidak bisa menemukan bangkainya, jadi hanya menggali informasi lisan dari warga,” kata Kepala Disnak Kabupaten Gunungkidul, Krisna Berlian, Senin (14/12).

Dia menduga kematian sapi milik warga mati karena keracunan atau disengat hewan berbisa.

“Dari keterangan lisan dikatakan pada sore hari ternak masih sehat tapi pagi harinya mati. Kami curiga, sapi disengat binatang berbisa, sehingga keracunan atau sengaja diracun,” ungkapnya.

Khrisna menghimbau agar warga tidak mengkonsumsi hewan yang sudah mati. Pihaknya pun langsung melakukan sosialisasi penyakit antrax pada masyarakat.

“Untuk kasus antrax belum pernah terjadi dan untuk Jogja dulu pernah terjadi di Sleman. Kita menghimbau warga tidak mengkonsumsi sapi yang sudah mati, kita tidak tahu apa penyebab kematiannya,” pesannya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar