Bappenas: Kebijakan Pemerintah Berbasiskan Data

BERITA JOGJA – Kebijakan yang diambil oleh pemerintah dihasilkan dari banyak cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan basis data. Namun, hingga saat ini pengunaan data untuk mengambil kebijakan masih terkendala dengan adanya perbedaan antara penyedia data dengan pengambil kebijakan. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Adrianof Chaniago dalam dialog bertajuk “Menjembatani […]

BERITA JOGJA – Kebijakan yang diambil oleh pemerintah dihasilkan dari banyak cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan basis data. Namun, hingga saat ini pengunaan data untuk mengambil kebijakan masih terkendala dengan adanya perbedaan antara penyedia data dengan pengambil kebijakan. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Adrianof Chaniago dalam dialog bertajuk “Menjembatani Penelitian dengan Pengambilan Kebijakan” yang diadakan di Balai Senat UGM, Jumat (12/6).

Istimewa

Istimewa

Adrianof menambahkan bahwa saat ini pemerintah tengah mendorong para pengambil kebijakan baik di pusat maupun di daerah untuk mengambil keputusan dan kebijakannya berdasarkan dengan hasil riset dan penelitian yang sudah teruji. Menurutnya, kualitas kebijakan yang dihasilkan oleh pemerintah itu berkaitan erat dengan dukungan dari kajian dan riset yang dilakukan.

Adrianof mencontohkan bahwa hasil riset dan kajian ilmu pengetahuan sudah mulai diterapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RJPM) 2015-2019. Meskipun demikian, perlu ada kajian kembali untuk Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional hingga tahun 2025 akan dievaluasi dan disesuaikan dengan penjabaran visi, misi dan janji kampanye presiden.

“Meskipun visi misi dan janji saat kampanye merupakan bagian dari politik, tapi harus tetap ilmiah dan berbasis data. Untuk itu Bappenas akan menyiapkan rancangan teknoratiknya. Bappenas juga akan bermitra dengan perguruan tinggi dan lembaga kajian lainnya,” ujar Adrianof.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar