Batik

Batik Jogja Sudah Mendunia Bahkan Sebelum PD I Dimulai

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Saat ini siapa yang tidak mengenal batik? Kain asli dari Indonesia ini telah dikenal dunia, bahkan telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia oleh UNESCO. Sebenarnya kain batik sudah mendunai sejak lama, bahkan sejak Perang Dunia I belum dimulai. Kain batik yang merupakan salah satu hasil kebudayaan yang amat membanggakan dari […]

BERITA JOGJA – Saat ini siapa yang tidak mengenal batik? Kain asli dari Indonesia ini telah dikenal dunia, bahkan telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia oleh UNESCO. Sebenarnya kain batik sudah mendunai sejak lama, bahkan sejak Perang Dunia I belum dimulai.

istimewa

istimewa

Kain batik yang merupakan salah satu hasil kebudayaan yang amat membanggakan dari Pulau Jawa ini mempunyai sejarah yang cukup panjang. Sejarah batik berhubungan dengan hampir seluruh aspek di Jawa, mulai dari politik hingga ekonomi. Batik, sebagaimana dituliskan Amri Yahya, dalam Sejarah Perkembangan Seni Lukis Batik Indonesia, diyakini bahwa batik lahir dari kalangan petani di masa kerajaan Mataram Kuno. Produk awal itu kemudian membikin pihak kerajaan tertarik hingga akhirnya termanifestasi sebagai pengabdian pada raja.

Masuknya batik ke Kraton kemudian menjadi jauh lebih indah. Teknik pembuatan dan pewarnaannya jauh lebih berkualitas dari para petani yang menemukannya. Lambat laun batik pun menjadi bagian pakaian kebesaran anggota kerajaan sekaligus menjadi penanda adanya perbedaan sosial dari si pemakai.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar

  • rudi

    Sampah,,,,,