Bawa Nama Pakualaman Jogja, Joyoaminoto Lakukan Penipuan Puluhan Juta

Oleh Jatu Raya,

Joyoaminoto mengaku bisa memasukkan orang kerja ke Pertamina dengan kekuatan Pakualaman Jogja.

BERITA JOGJA – Berbekal gelar Raden Mas di depan namanya, Kunti Nugroho Joyoaminoto, melakukan penipuan pada warga dengan membawa nama Pakualaman. Tidak tanggung-tanggung, selain membawa nama Pakualaman, ia juga membawa nama Pertamina dalam aksi penipuannya.

Mau Jadi Rentenir, Joko Larikan uang

Ilustrasi uang (Dok.Istimewa)

Aksi yang ia lakukan pada November 2015 lalu dibeberkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ndaru Triastuti di Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Selasa (19/1) siang. Di depan Hakim I Gede Saptiawan, dibacakan dalam surat dakwaan bahwa terdakwa melakukan penipuan pada saksi Bambang dan Hartuti sejak 2012 dengan berjanji memasukkan anak saksi korban bekerja ke Pertamina dengan membayar sejumlah uang.

“Awalnya di sebuah rumah makan padang di wilayah Berbah Sleman,terdakwa mengaku keluarga dari Pakualaman dan mengaku bisa memasukkan anak saksi korban ke Pertamina dengan kekuatan Kraton. Pertama korban meminta uang registasi sebesar Rp4 juta pada korban Hartati,” baca Jaksa.

Selanjutnya, terdakwa meminta uang lagi pada saksi korban uang sebesar Rp60 juta. Namun setelah ditunggu bertahun-tahun terdakwa tidak menepati janjinya dan kemudian dilaporkan dan ditangkap pada 4 November 2015. “Uang tersebut digunakan terdakwa untuk memenuhi kebutuhannya dan tidak bisa membuktikkan ucapannya pada saksi korban. Atas perbuatan ini terdakwa melanggar Pasal 372 dan 378 KUHP,” tutup Jaksa.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar