Begini Cara Wardi, Penjual Pulsa Tunanetra Layani Pelanggan

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Berbeda dengan konter isi pulsa biasanya yang meminta pelanggannya menuliskan nomor HP pada kertas, Wardi penjual pulsa tunanetra memiliki cara tersendiri. Pertama-tama, Wardi meminta pembeli untuk menyebutkan nomor HP yang akan diisi pulsa, sementara pembeli menyebutkan nomor HP, Wardi menyalin nomor tersebut dalam huruf brille pada koran bekas dengan menggunakan reglet dan […]

BERITA JOGJA – Berbeda dengan konter isi pulsa biasanya yang meminta pelanggannya menuliskan nomor HP pada kertas, Wardi penjual pulsa tunanetra memiliki cara tersendiri. Pertama-tama, Wardi meminta pembeli untuk menyebutkan nomor HP yang akan diisi pulsa, sementara pembeli menyebutkan nomor HP, Wardi menyalin nomor tersebut dalam huruf brille pada koran bekas dengan menggunakan reglet dan stilus.

Wardi sedang mengisi pulsa salah satu pembelinya di pinggir trotoar jalan Cik Ditiro Jogjakarta

Wardi sedang mengisi pulsa salah satu pembelinya di pinggir trotoar jalan Cik Ditiro Jogjakarta

“Reglet ini untuk membuat huruf brille, jadinya nanti ada tonjolan di koran bekasnya yang membentuk angka brille,” ujarnya.

Selanjutnya Wardi menyebutkan nomor ulang nomer HP dan mengkonfirmasi ke pembeli apakah benar atau salah. Jika sudah benar, maka Wardi kemudian memasukan nomer ke HP dengan cara manual.

“Saya ingat-ingat, posisi kalau angka ini dimana, huruf ini dimana, jadi modalnya ingat dan terbiasa,” tambahnya.

Setelah itu dia mendekatkan HP ke telinganya untuk mendengar bunyi notifikasi apakah berhasil terkirim atau tidak. “Setelah itu saya kirim, saya dengarin bunyinya, bunyi pulsa terkirim dengan pulsa tidak terkirim itu beda suaranya,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar