Begini Konsep Perkampungan Wisata di Kulon Progo

Konsep perkampungan wisata di Kulon Progo ini diyakini bakal memajukan wisata daerah.

BERITA JOGJA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo berencana membuat perkampungan wisata di Desa Pendowoharjo. Pemkab sendiri rencananya bakal bekerjasa sama dengan seniman Didin Nini Thowok. Di UGM, Rabu (24/2) Didik memaparkan konsep perkampungan wisata di Desa Pendowoharjo tersebut.

Lukisan pemandangan desa (Lukisan by F.Rizky)

Lukisan pemandangan desa (Lukisan by F.Rizky)

Untuk konsep aksesibilitas, pengunjung wajib menggunakan kendaraan yang tak berpolusi. Pemkab bersama Didik berencana membuat kampung wisata itu bebas dari polusi agar pengunjung bisa merasakan udara segar. Perkampungan wisata di Thailand menurut Didik jadi contoh yang tepat.

Tata ruang juga sudah dipikirkan masak-masak. Bakal ada gubug kuliner dalam kampung wisata yang bisa didatangi tidak hanya sekadar jajan, tapi juga berkegiatan langsung membuat makanan atau minuman atau bertanam. Untuk mendatangi gubug, pengunjung harus berjalan kecil.

Selanjutnya akan ada pasar tradisional dalam perkampungan wisata yang menjual hasil pertanian masyarakat. Pembangunan ruang tak hanya berdasar pada lingkungan dan ekonomi saja tapi juga budaya. Soalnya, pengunjung bisa mempelajari kesenian mulai dari menari dan lainnya dalam kampung wisata tersebut.

Tak perlu repot mencari hotel dalam perkampungan wisata karena Pemkab Kulon Progo bakal membangun bangunan dengan kamar tidur yang cukup nyaman bagi pengunjung. “Jadi enggak perlu ke Hotel. Perkampungan ini berpotensi memajukan wisata di Kulon Progo,” terang Didik.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar