Dusun Jamur

Belajar Tani di Dusun Jamur

Oleh Jatu Raya,

Selain pertanian, atraksi wisata yang cukup digemari oleh wisatawan di Dusun Jamur adalah belajar beternak udang galah

BERITA JOGJA – Dusun Jamur sudah cukup terkenal di Jogjakarta. Dusun yang terletak di Desa Sendangrejo, Minggir, Godean, Sleman ini dikenal karena menawarkan atraksi wisata pendidikan pertanian. Warga mengemasnya dengan cara yang menyenangkan dan tanpa teori yang membosankan.

Dusun Jamur

Dokumen Teresia Prahesti

Anak-anak kecil enam sampai 12 tahun banyak yang diajak para orang tua menikmati suasana alam yang masih asri sambil belajar bertani di Dusun. Para instruktur yang juga warga ini bakal dengan senang hati mengajarkan cara mencangkul, menanam, sampai memanen padi buat yang ingin belajar. Selain pertanian, atraksi wisata yang cukup digemari oleh wisatawan di Dusun Jamur adalah belajar beternak udang galah.

Dusun Jamur memang pas dijadikan tempat liburan keluarga sekaligus belajar. Terletak di dataran rendah, Dusun Jamur memunyai luas 27 Ha lahan tanah basah yang dimanfaatkan untuk pertanian dan perikanan, sementara 27 Ha lagi untuk bangunan rumah, perkebunan, dan pekarangan.

Secara geografis Dusun Jamur terletak di antara tujuh mata air yang dipercaya sebagai rangkaian tujuh mata air.  Adapun tujuh mata air yang dimaksudkan adalah Sendang Tobayan, Kali Kotak, Beji, Bobor, Mudal, Jamur, dan Pendalin. Berada di topografi seperti ini sangat menguntungkan di mana pertanian tumbuh subur dengan padi hijau menghampar dan udara yang bersih bebas polusi.

Selain atraksi wisata, di Dusun Jamuran pengunjung juga bisa melihat bangunan bersejarah benteng air van Der Wick yang dibangun di era kolonial yang sangat terawat. Hebatnya lagi, Dusun Jamur juga menawarkan kesenian untuk menambah daya tarik wisata dengan mengajak kerjasama dusun-dusun sekitar seperti Jonggrangan dengan kesenian Badui dan Kuntulan, Balangan dengan kesenian Dadungawuk, dan Klisat yang terkenal dengan kesenian Oglek-nya

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar