beras angkak penurun kolesterol

Beras Kuno Penurun Kolestrol Wajib Makan

BERITA JOGJA – Tidak teraturnya pola hidup sehari-hari seperti waktu tidur yang kurang dan konsumsi segala jenis makanan tidak jarang berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini tentu saja dapat menghambat segala macam aktivitas kita sehari-hari. Jika sudah terlanjur jatuh sakit mau tidak mau kita harus beristirahat total hingga sembuh, dan jangan lupa konsumsi angkak. Apa […]

BERITA JOGJA – Tidak teraturnya pola hidup sehari-hari seperti waktu tidur yang kurang dan konsumsi segala jenis makanan tidak jarang berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini tentu saja dapat menghambat segala macam aktivitas kita sehari-hari. Jika sudah terlanjur jatuh sakit mau tidak mau kita harus beristirahat total hingga sembuh, dan jangan lupa konsumsi angkak.

beras angkak penurun kolesterol

Istimewa

Apa sih sebenarnya angkak? Seperti apa cara mengkonsumsinya? Apa khasiatnya bagi tubuh? Angkak sebenarnya merupakan sejenis beras merah yang dibiakkan dengan campuran ragi Monacus spp selama beberapa hari. Sedikitnya terdapat dua komponen bioaktif dalam angkak yakni menivolin dan lovastatin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Di negeri asalnya Cina, angkak biasanya menjadi bumbu campuran rempah untuk membuat beberapa sajian makanan dan juga obat-obatan herbal.

Angkak sangat populer menjadi salah satu campuran untuk memasak sup ayam. Pengolahannya pun cukup sederhana. Rebus ayam hingga keluar kaldunya, lalu ditambahkan dengan satu sendok angkak. Setelah itu tambahkan lada dan garam sebagai penambah rasa. Campurkan sup tersebut dengan tumisan bawang putih dengan minyak wijen. Hidangan siap disantap dan baik disajikan untuk seluruh anggota keluarga.

Angkak juga dipercaya dapat menaikkan trombosit darah pada penderita demam berdarah. Hujan yang datang bertubi-tubi memang meningkatkan potensi demam berdarah. Seperti yang terjadi di beberapa wilayah di Jogjakarta beberapa waktu belakang. Untuk mengkonsumsinya cukup dengan menyeduh seperempat sendok makan angkak dalam segelas air hangat kemudian aduk dan minum.

Angkak bisa didapatkan di swalayan atau dengan mengunjungi toko obat-obatan herbal Cina.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar