Berita Jogja Hari Ini: Pemulangan Jasad ABK Asal Gunungkidul Tak Lancar

BERITA JOGJA – Rencana pemulangan jenazah lima anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yang meninggal di Senegal sejak Minggu (3/5) yang lalu, karena malnutrisi masih tidak pasti. Hingga saat ini, lima jenazah ABK yakni Raka Bayu Anggara (Gunungkidul), Rasjo Lamtoro (Tegal), Ruhijatna Noviansyah (Subang), Sardi (Brebes), dan Heri Edmon Lusikooy (Surabaya), masih berada di Senegal […]

BERITA JOGJA – Rencana pemulangan jenazah lima anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yang meninggal di Senegal sejak Minggu (3/5) yang lalu, karena malnutrisi masih tidak pasti. Hingga saat ini, lima jenazah ABK yakni Raka Bayu Anggara (Gunungkidul), Rasjo Lamtoro (Tegal), Ruhijatna Noviansyah (Subang), Sardi (Brebes), dan Heri Edmon Lusikooy (Surabaya), masih berada di Senegal karena masih terkendala administrasi biaya pemulangan.

Istimewa

Istimewa

Menurut Gunawan, orang tua Raka Bayu Anggara, ABK asal Gunungkidul, Jogjakarta, hingga saat ini belum ada kepastian tentang kapan jenazah Raka akan dipulangkan. Gunawan mengatakan bahwa kemarin malam, dirinya sempat menerima telepon dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Senegal.

Namun, belum ada kabar kapan pastinya jenazah akan dipulangkan. Selain dihubungi via telepon oleh KBRI, Gunawan juga mengaku dihubungi oleh Balai Penyelamatan, Penempatan, dan Perlindung Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI), Jogjakarta.

“Menurut info, katanya jenazah siap dipulangkan. Bilangnya tanggal 30 Mei akan dipulangkan, tapi tidak jelas juga pastinya. Sifatnya masih sementara,” cerita Gunawan, Kamis (28/5).

Gunawan mengemukakan bahwa dirinya kecewa dengan perusahaan tempat Raka bekerja. Menurutnya perusahaan tersebut tidak bertanggung jawab dengan meninggalnya Raka dan empat ABK yang lainnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar