BLH Sleman Peringatkan Pengusaha Hotel dan Apartemen

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Maraknya pembangunan hotel dan apartemen juga melanda Kabupaten Sleman. Tercatat, selama tahun 2014, ada sekitar 42 pengajuan izin mendirikan hotel dan 12 apartemen. Adapun yang sudah mendapatkan izin baru tujuh hotel dan tiga apartemen, sedangkan sisanya masih dalam proses. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Sleman memeringatkan pengusaha agar dalam melakukan pembangunan benar-benar […]

BERITA JOGJA – Maraknya pembangunan hotel dan apartemen juga melanda Kabupaten Sleman. Tercatat, selama tahun 2014, ada sekitar 42 pengajuan izin mendirikan hotel dan 12 apartemen. Adapun yang sudah mendapatkan izin baru tujuh hotel dan tiga apartemen, sedangkan sisanya masih dalam proses.

BLH Sleman peringatkan pengusaha hotel

Istimewa

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Sleman memeringatkan pengusaha agar dalam melakukan pembangunan benar-benar mempertimbangkan faktor Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL). Jika melanggar, pihak BLH tak segan-segan akan menindaknya.

“Pada prinsipnya pembangunan harus melihat faktor dan mempertimbangkan AMDAL. Jangan sampai seenaknya membangun tanpa memperhatikan dua hal tersebut,” tegas Kepala BLH Sleman, Purwanto.

BLH Sleman sendiri berjanji akan terus memantau perkembangan pembangunan hotel dan apartemen. Jika nantinya dalam proses pembangunan ditemui hal yang janggal, Purwanto akan menegur langsung pengembang. “Saya nggak akan ragu, kalau ada yang melanggar prinsip-prinsip lingkungan, akan segera kami tidak,” jelasnya.

Banyaknya hotel dan apartemen yang berdiri ini sebelumnya sudah membuat sejumlah warga Sleman gerah. Warga Karangwuni dan Dusun Gadingan misalnya. Saking gerahnya dengan dampak yang ditimbulkan, mereka sudah melakukan tindakan konkret dengan melaporkan pembangunan apartemen ke DPRD Sleman dan Provinsi beberapa waktu lalu.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar