Bokesan

Bokesan: Dusun Sejuta Ikan di Sleman

Setiap rumah warga di Dusun Bokesan punya kolam ikan sendiri-sendiri

BERITA JOGJA – Desa Bokesan berada di wilayah Desa Sindumartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Jogjakarta. Secara geografis, Bokesan terletak di selatan lereng Gunung Merapi dengan topografi persawahan dan memiliki sumber air berlimpah.

Nama Bokesan dipercaya oleh penduduk sekitar diambil dari pendirinya, yaitu Ki Probokeso. Penduduknya sendiri juga ramah dan gampang bergaul. Hal ini membikin Bokesan jadi salah satu favorit Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa sejumlah Perguruan Tinggi (PT) di Jogjakarta.

Bokesan

Warga sedang membibiti ikan nila di di kolam milik koperasi. (Foto: Aristides)

Menariknya Bokesan dibanding dengan Desa lainnya bukan terletak pada hijaunya sawah yang melandai di sekitar Dusun, melainkan budidaya perikanan yang sudah tersohor. Hampir setiap rumah di dusun punya kolam ikannya sendiri. Pengelolaannya pun sudah maju dengan membuat koperasi dan kelompok-kelompok budidaya.

Massifnya budidaya ikan Dusun Bokesan bahkan membuat Dusun dijuluki sebagai sarang ikan air tawar di Sleman. Ikan-ikan konsumsi seperti Nila dan Lele jadi jenis yang dikembangbiakkan di Bokesan mulai pembibitan hingga akhirnya panen. Bokesan juga punya pasar ikannya sendiri yang selalu ramai dikunjungi oleh warga Desa lain bahkan dari luar daerah. Mereka juga mengirimkan ikan-ikan mereka dan jadi langganan di sejumlah pasar di wilayah DIY.

Halaman

1 2 3

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar