BPCB Jogja Temukan Arca Sapi Kendaraan Dewa Siwa di Kedulan

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jogjakarta akhirnya menemukan arca sapi yang merupakan kendaraan Dewa Siwa yang disebut Nandi di kompleks candi Kedulan, Kalasan, Sleman, Jumat (19/6) lalu. Arca tersebut ditemukan dikedalaman 6 meter dengan kondisi tidak sempurna, kepala dan punuk hilang. Kepala seksi Pelestarian dan Pemanfaatan BPCB Jogjakarta, Wahyu Astuti mengungkapkan Nandi […]

BERITA JOGJA – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jogjakarta akhirnya menemukan arca sapi yang merupakan kendaraan Dewa Siwa yang disebut Nandi di kompleks candi Kedulan, Kalasan, Sleman, Jumat (19/6) lalu. Arca tersebut ditemukan dikedalaman 6 meter dengan kondisi tidak sempurna, kepala dan punuk hilang.

Arca Nandi berbentuk Sapi yang merupakan kendaraan dewa Siwa ditemukan di candi Kedulan

Arca Nandi berbentuk Sapi yang merupakan kendaraan dewa Siwa ditemukan di candi Kedulan

Kepala seksi Pelestarian dan Pemanfaatan BPCB Jogjakarta, Wahyu Astuti mengungkapkan Nandi tersebut sudah dicari sejak tahun 1993 saat candi Kedulan ditemukan. Saat itu semua arca candi lengkap ditemukan kecuali Nandi.

“Dulu itu cuma ketemu kupingnya saja, padahal arca lain yang ada di candi hindu sudah komplit. Ada Agastya, Durga, Ganesha, tapi Nandinya tidak ada. Nah sekarang ini baru ditemukan,” katanya, Rabu (24/6).

Wahyu menjelaskan arca Nandi tersebut sudah berusia 1200 tahun sama seperti usia candi Kedulan. Jika melihat ukurannya, Nandi yang ditemukan ini cukup besar karena ukurannya mencapai panjang 146 cm, lebar 76 cm dan tinggi 60 cm.

“Kalau melihat candinya ini mirip candi Sambisari, komposisinya satu candi induk dan tiga Perwara itu sama, letak Nandinya juga,” tambahnya.

Dia menduga kepala Nandi kemungkinan masih terkubur didalam tanah. Sebab candi Kedulan sendiri terkubur setelah letusan gunung Merapi.

“Kalau kena lava tentunya bisa saja menggelinding kemana, karena candinya saja itu tertutup lava Merapi. Jadi bisa dibayangkan letusan Merapi saat itu, begitu besar,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar