Budi Waseso Dituntut Selesaikan Puluhan Kasus Macet di Jogja

BERITA JOGJA – Puluhan aktivis antikorupsi yang bergabung dalam Gerakan Rakyat Tagih Janji Budi Waseso (GANTI) mengultimatum Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Budi Waseso. GANTI menuntut Budi Wasesa memenuhi janjinya menyelesaikan puluhan kasus di Jogja yang belum jelas ujungnya. Para aktivis Jogja mengaku iri dengan cepatnya Bareskrim Polri dalam penanganan kasus komisioner […]

BERITA JOGJA – Puluhan aktivis antikorupsi yang bergabung dalam Gerakan Rakyat Tagih Janji Budi Waseso (GANTI) mengultimatum Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Budi Waseso. GANTI menuntut Budi Wasesa memenuhi janjinya menyelesaikan puluhan kasus di Jogja yang belum jelas ujungnya.

Puluhan kasus di Jogja macet

GANTI megultimatum Budi Waseso agar menyelesaikan puluhan kasus macet di Jogja, Senin (16/3) di Titk Nol (Foto: Cahyo PE)

Para aktivis Jogja mengaku iri dengan cepatnya Bareskrim Polri dalam penanganan kasus komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto maupun Abraham Samad. Cepatnya penanganan kasus oleh Bareskrim Polri dianggap berbanding terbalik dengan penyelesaian kasus oleh Polri di daerah.

“Ada 22 kasus di Jogjakarta yang hingga kini tak kunjung rampung. Pembunuhan wartawan Udin, pemukulan dan pembubaran diskusi di LKiS dan berbagai kasus lainnya di wilayah Jogjakarta terkesan macet dan tak ada kemajuan. Padahal, Budi Waseso selaku Kabareskrim Polri mengatakan bahwa pelaporan kasus oleh warga akan segera direspon dan diselesaikan dengan cepat,” tuntut Koordinator Umum Ganti, Hafizen.

Hafizen menambahkan bahwa pihaknya iri dengan Bareskrim yang cepat bertindak saat kasus Budi Widjojanto dan Abraham Samad. Penangkapan yang diklaim berdasarkan laporan warga tersebut hanya memakan waktu empat hari lalu diperiksa. “Di Jogja, kasus Udin sudah 18 tahun tak terungkap dan kasus di LKiS sejak 2012 tak juga ada perkembangan,” jelas Hafizen kepada Beritajogja.id

Untuk itu pihaknya mengirimkan surat kepada Budi Waseso isinya tentang kasus-kasus yang ada di Jogja. Harapannya setelah kami laporkan kasus tersebut bisa segera diselesaikan oleh Budi Waseso.

“Kami mengultimatum kepada Budi Waseso untuk menyelesaikan kasus-kasus di Jogja. Kami beri waktu 7×24 jam kepada Budi Waseso untuk menyelesaikan kasus-kasus tersebut. Jika dalam waktu 7×24 jam tidak selesai maka kami meminta kepada Jokowi lewat¬† Plt Kapolri untuk memecat Budi Waseso,” tutup Hafizen.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar