Canggih! Alat Buatan Mahasiswa UGM Ini Bisa Lipat Baju dalam Enam Detik

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Lima mahasiswa Program studi Elektronika dan Intrumentasi Sekolah Vokasi UGM membuat alat pelipat baju. Canggihnya, alat yang bisa melipat secara otomatis tersebut hanya membutuhkan waktu enam detik untuk melipat satu baju. Alat dibuat oleh Yoga Adi Candra, Mukhlisin, Farouq Rifani, Rahmatia Firda A, dan Bagus Purnomo tersebut diberi nama Pasebos. Menurut ketua […]

BERITA JOGJA – Lima mahasiswa Program studi Elektronika dan Intrumentasi Sekolah Vokasi UGM membuat alat pelipat baju. Canggihnya, alat yang bisa melipat secara otomatis tersebut hanya membutuhkan waktu enam detik untuk melipat satu baju. Alat dibuat oleh Yoga Adi Candra, Mukhlisin, Farouq Rifani, Rahmatia Firda A, dan Bagus Purnomo tersebut diberi nama Pasebos.

Pasebos alat pelibat baju enam detik buatan mahasiswa UGM

Pasebos alat pelibat baju enam detik buatan mahasiswa UGM

Menurut ketua kelompok, Yoga, alat tersebut bukanlah temuan baru, mereka hanya mengembangkan alat pelipat baju manual menjadi alat pelipat baju otomatis.

“Kami mengembang alat ini sejak 2014 lalu. Sebenarnya alat ini adalah alat manual, tapi kami membuatnya menjadi otomatis. Kami menilai kalau dikerjakan manual tetap butuh tenaga, jadi kita buat yang otomatis dan lebih cepat,” katanya di kantor Humas UGM, Jumat (5/6).

Untuk menggunakan alat ini cukup sederhana. Cukup dengan menekan empat tombol pilihan yang sudah disedia. Satu tombol otomatis, satu tombol lipat kiri, satu tombol lipat kanan dan satu tombol lipat bawah.

“Alat tersebut dilengkapi dengan tiga motor servo bertegangan 6 volt sebagai penggeraknya dan dikontrol oleh mikro kontroler arduino. Untuk mempermudah pemakaian, alat ini juga dilengkapi dengan LCD 16X2 sebagai interface,” terangnya.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar