Zakat Maal

Cara Aman Membayar Zakat Profesi

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Tiap manusia yang mampu dibebani zakat. Misalnya zakat profesi. Namun masih banyak yang bingung bagaimana menyisihkan penghasilan, terutama yang didapat tidak tetap setiap bulannya. Prof.Dr.H.Amir Mu’allim MIS, Guru Besar Fakultas Ilmu Agama Universitas Islam Indonesia (UII) memisalkan profesi dengan penghasilan tidak sama setiap bulannya seperti wartawan kontributor atau pengacara. Amir punya cara […]

BERITA JOGJA – Tiap manusia yang mampu dibebani zakat. Misalnya zakat profesi. Namun masih banyak yang bingung bagaimana menyisihkan penghasilan, terutama yang didapat tidak tetap setiap bulannya.

Zakat Maal

Istimewa

Prof.Dr.H.Amir Mu’allim MIS, Guru Besar Fakultas Ilmu Agama Universitas Islam Indonesia (UII) memisalkan profesi dengan penghasilan tidak sama setiap bulannya seperti wartawan kontributor atau pengacara. Amir punya cara yang paling mudah membayarkan zakat.

“Misal bulan pertama keuntungan Rp2 juta, bulan kedua naik Rp3 juta, ada cara gampangnya. Sisihkan saja 2,5 persen dari keuntungan setiap bulan untuk dizakatkan,” sarannya.

perhitungan zakat sendiri umumnya diambil dari penghasilan profesi bersih. Misalnya saja, seseorang dengan gaji Rp3 juta, setelah dipotong untuk biaya hidup dan lain-lain gajinya sisa Rp1,5 juta. Maka ia wajib menyisihkannya sebesar 2,5 persen.

“Tapi kenyataannya tidak seperti itu. Malah banyak yang tidak tahu. Keuntungan bersih bukan hanya dari gaji, tapi juga dari bisnis lainnya selama satu tahun,” tegasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar