Tips Sehat

Cara Praktis Jaga Kondisi Tubuh Saat Kemarau

BERITA JOGJA – Memasuki musim kemarau, kita wajib waspada. Sebab, di musim kemarau, penyakit yang sering datang adalah panas dalam, dehidrasi bahkan radang tenggorokan. Penyebabnya macam-macam, salah satunya karena banyaknya cairan tubuh yang terkuras. Berikut ini tips sederhana yang bisa dilakukan agar kamu bisa tetap sehat dan bugar sebagaimana mestinya tanpa terganggu dehidrasi, panas dalam, […]

BERITA JOGJA – Memasuki musim kemarau, kita wajib waspada. Sebab, di musim kemarau, penyakit yang sering datang adalah panas dalam, dehidrasi bahkan radang tenggorokan. Penyebabnya macam-macam, salah satunya karena banyaknya cairan tubuh yang terkuras.

Berikut ini tips sederhana yang bisa dilakukan agar kamu bisa tetap sehat dan bugar sebagaimana mestinya tanpa terganggu dehidrasi, panas dalam, radang tenggorokan atau penyakit lainnya.

Tips Sehat

Istimewa

Minum Lebih Banyak Air Putih

Mungkin ini terdengar klise atau anda sudah sering mendengar atau membaca anjuran untuk banyak minum. Namun hal ini sering kali terlupakan karena banyak orang yang menganggapnya sepele. Minum lah air putih yang lebih banyak dari biasanya. Jika anda dibiasakan minum 8 gelas sehari, anda bisa menambahnya menjadi 10 gelas.

Manfaat air putih tidak hanya sebagai pembuang racun alami dalam tubuh tetapi juga berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang akan lebih banyak hilang di cuaca yang sangat panas ini. Banyaknya cairan tubuh yang hilang adalah penyebab utama terjadinya dehidrasi.

Perbanyak Makan Buah

Memakan buah memang sangat dianjurkan dalam berbagai kondisi. Namun untuk kondisi saat ini sebaiknya pilihlah buah yang memiliki banyak kandungan air seperti semangka atau jeruk. Kandungan air yang dimiliki buah-buahan ini sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Hindari Makanan dengan Minyak Berlebih

Minyak dalam gorengan yang sering dipakai rentan terkena radikal bebas. Gorengan juga  menyebabkan panas di dalam tubuh. Lemak trans yang bercampur radikal bebas dan musim kemarau yang sangat panas adalah kombinasi sempurna untuk panas dalam atau radang tenggorokan.

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup dapat membuat tubuh bugar dan segar untuk menjalani kegiatan sehari-hari karena tubuh yang diistirahatkan dengan waktu yang tepat. Sehingga tidak mudah loyo atau lelah saat panas menerjang.

Ida Zulkarnain

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar