Nama-nama jalan di Jogja

Catat! Nama-Nama Jalan di Jogja Zaman Dulu

Penamaan jalan di Jogja zaman dulu disesuaikan dengan bangunan atau kegiatan yang ada di wilayah tersebut.

BERITA JOGJA – Nama-nama jalan di Jogja tempo dulu berhubungan erat dengan pemerintah kolonial Belanda. Kebutuhan akan akses dalam wilayah membuat mereka membangun jalan lalu dinamai sesuai daerah hunian.

Jalan Juwadi di Gondomanan misalnya, dulunya dinamai dengan Hospitaalweg karena dulunya terdapat rumah sakit untuk orang Belanda. Ada juga penamaan kawasan seperti Nieuwe Wijk atau yang dikenal dengan Kota Baru. Belanda sendiri diduga memberi nama ini sebagai kawasan privat untuk diri mereka sendiri dengan kultur sendiri menyaingi kota yang berpusat di Kraton. Hal ini bisa dilihat di jalan-jalan di Kota Baru yang dibangun dengan mengedepankan hunian nyaman. Jalanannya lebar dengan pohon rindang di sisi jalan.

Nama-nama jalan di Jogja

Istimewa

Hal yang sama juga terjadi pada AMS-laan. Dulunya, AMS-laan merupakan jalan yang melalui AMS, sekolah setara SMA zaman Belanda, di Nieuwe wijk. Gedung AMS kini dipakai oleh SMAN 3 Jogjakarta dan nama jalannya pun berubah menjadi nama pahlawan, yakni Jalan Yos Sudarso.

Lalu ada pula Jalan Ireda di Mergangsan yang dulunya bernama Kerkhofweg. Kerg berarti makam dan weg berarti jalan yang sengaja dinamakan demikian karena merupakan wilayah pemakaman. Di sekitar AM Sangaji, ada Jalan W. Mongisidi yang dulunya bernama Prinses Julianalaan. Disebut Prinses Julianalaan karena jalan ini menuju sekolah kejuruan bernama Prinses Juliana yang gedungnya kini dipakai SMKN 2 Jogjakarta.

Perubahan nama juga terjadi pada Jalan Timoho. Di era kolonial, nama jalan ini adalah Schoenmakersstraat.  Dalam bahasa Indonesia, Schoenmakersstraat berarti jalan pembuat sepatu. Dahulu di kawasan ini merupakan permukiman dan pusat pembuatan sepatu.

Jalan Ahmad Yani dulunya bernama Residentielan. Dinamai begitu karena wilayah ini merupakan residen tempat pemerintahan Belanda. Ada juga Jalan Juminahan yang dulunya bernama Jalan Veepasar karena daerah ini jadi pasar sapi di zaman kolonial.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar