Daki Merapi Nggak Semudah yang Kamu Pikirkan Keles!

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Ngepopnya pendakian Gunung yang menyebabkan munculnya pendaki pemula mendapat sorotan dari pihak pengelola Taman Nasional Gunung Merapi. Sayangnya para pendaki pemula tersebut kebanyakan tidak memiliki skil mumpuni dan memiliki pengetahuan tentang standar pendakian. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Taman Nasional Gunung Merapi, Tri Atmojo membenarkan hal tersebut. Menurutnya di Merapi sendiri sebagian […]

BERITA JOGJA – Ngepopnya pendakian Gunung yang menyebabkan munculnya pendaki pemula mendapat sorotan dari pihak pengelola Taman Nasional Gunung Merapi. Sayangnya para pendaki pemula tersebut kebanyakan tidak memiliki skil mumpuni dan memiliki pengetahuan tentang standar pendakian.

Gunung Merapi Beritajogja

Dokumen istimewa

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Taman Nasional Gunung Merapi, Tri Atmojo membenarkan hal tersebut. Menurutnya di Merapi sendiri sebagian besar pendakinya adalah pemula.

“Karena dipandang Ngepop, naik ya hanya pakai sandal jepit, celana jeans, logistik juga pas-pasan. Dengan itu mereka beranggapan bisa menahlukkan Gunung Merapi, padahal anggapan itu tidak benar,” katanya.

Situasi tersebut mendapat komentar dari pendaki Merapi yang sudah berpengalaman. Salah satunya Nugroho, pendaki gunung Merapi yang sekaligus memiliki usaha penyewaan alat camping. Menurutnya mendaki Gunung Merapi tidaklah semudah seperti yang dipikirkan para pendaki pemula.

“Nggak semudah itu juga keles, harus punya persiapan, peralatan standar, tahu survivel,” ungkapnya.

Menurutnya mendaki gunung tidak boleh menggunakan pakaian seadanya, apalagi hanya bermodal sandal, celana jeans dan logistik seadanya.

“Celana jeans misalnya, itu dingin dan mengganggu langkah karena biasanya ketat. Sandal gunung bolehlah tapi tidak anjurkan, pake sepatu, itu yang aman,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar