Dalam Dua Bulan, Polda Jogjakarta Digugat Tiga Kali

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Dalam dua bulan terakhir Polda Jogjakarta digugat praperadilan sebanyak tiga kali di Pengadilan Negeri (PN) Sleman. Dua gugatan pemohon ditolak pengadilan bulan lalu, sementara yang terakhir masih berlangsung. Gugatan pertama datang dari Ir.Arif Budiono melalui Kuasa Hukum Luqman Hakim. Pihak Arif menggugat Polda karena menilai penangkapan dan penetapan tersangka atas dirinya dinilai […]

BERITA JOGJA – Dalam dua bulan terakhir Polda Jogjakarta digugat praperadilan sebanyak tiga kali di Pengadilan Negeri (PN) Sleman. Dua gugatan pemohon ditolak pengadilan bulan lalu, sementara yang terakhir masih berlangsung.

Polda Jogja

Polda Jogjakarta (Foto: Cahyo PE)

Gugatan pertama datang dari Ir.Arif Budiono melalui Kuasa Hukum Luqman Hakim. Pihak Arif menggugat Polda karena menilai penangkapan dan penetapan tersangka atas dirinya dinilai dipaksakan. Sementara itu gugatan kedua datang dari WNA asal Afganistan dengan pokok permohonan yang sama.

Keduanya sendiri ditolak oleh pihak Pengadilan karena berdasar bukti dan fakta yang terungkap di persidangan, Polda terbukti sah dalam melakukan penangkapan dan penahanan. Sementara itu untuk gugatan ketiga masih sedang dalam proses di pengadilan. Ir. Arif kembali menggugat Polda dengan tuduhan yang sama.

“Intinya Pengadilan membuka seluas-luasnya pembeberan fakta di persidangan nantinya. Tiap keputusan yang dihasilkan, merupakan keputusan yang berkeadilan,” komentar Marliyus SH, Humas PN Sleman.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar