Dana Aspirasi 20 M Bikin Indonesia Timur dan Barat Semakin Senjang

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Ketua DPD RI Irman Gusman meminta DPR RI untuk mengkaji kembali kebijakan dana aspirasi sebesar 20 Miliyar untuk setiap anggota DPR. Menurutnya yang bermasalah dari dana 20 Miliyar tersebut bukan pada besarannya, namun pada pemerataannya di setiap daerah. Dia menilai dana aspirasi tersebut hanya akan memperlebar jurang kesenjangan wilayah Indonesia barat dengan […]

BERITA JOGJA – Ketua DPD RI Irman Gusman meminta DPR RI untuk mengkaji kembali kebijakan dana aspirasi sebesar 20 Miliyar untuk setiap anggota DPR. Menurutnya yang bermasalah dari dana 20 Miliyar tersebut bukan pada besarannya, namun pada pemerataannya di setiap daerah.

Ketua DPD RI Irman Gusman

Ketua DPD RI Irman Gusman

Dia menilai dana aspirasi tersebut hanya akan memperlebar jurang kesenjangan wilayah Indonesia barat dengan Indonesia timur. Sebab, dana tersebut hanya akan lebih banyak disalurkan di pulau Jawa,

“Sebagian besar anggota DPR itu dari Jawa. Kalau berdasarkan Dapil maka kasian yang daerah Kalimantan, mereka lebih sedikit wakilnya di DPR. Kalau begitu maka ketimpangan pembangunan yang terjadi,” katanya usai peletakan batu pertama pembangunan gedung DPD RI di Jogjakarta, Kamis (11/6).

Dia berpendapat seharusnya dana tersebut dibagikan bukan berdasarkan Dapil melainkan berdasarkan Kabupaten. Dengan begitu maka akan terjadi pemerataan aliran dana aspirasi di masing-masing daerah.

“60 persen lebih pembangunan itu terkonsentrasi di Jawa. Karena itu sebaiknya dana itu dibagi berdasarkan Kabupaten,” tambahnya.

Dia pun kembali menegaskan jika permasalahan yang kritisinya bukan pada angka 20 Miliyar, tetapi lebih pada dampak pembagian yang tidak merata yang berpotensi melebarkan kesenjangan pembangunan di Indonesia.

“Saya tegaskan ini soal pembangunan. Saya orang padang, kami juga ingin pembangunan juga bisa seperti di Jawa. Teman-teman yang di Kalimantan, Papua pun juga demikian. Kita ingin membangun¬† daerah timur supaya juga berkembang seperti daerah di Jawa,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar