Daripada Ketemu Sting, Mending Jokowi Ketemu Rubinem di Jogja

Oleh Jatu Raya,

Ada banyak seniman daerah yang bisa diundang atau disambangi Jokowi daripada ketemu musisi luar negeri.

BERITA JOGJA – Jokowi kabarnya batal bertemu bassist The Police, Gordon Matthew Thomas Summer di Istana Merdeka, Sabtu (5/3) hari ini. Belum diketahui secara pasti apa sebab Jokowi gagal bertemu musisi yang dikenal dunia dengan Sting ini. Bey Machmudin, Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden dalam siaran persnya hanya menyebut pertemuan yang direncanakan jam dua siang tadi terpaksa batal.

Rubinem,sinden legendaris asal Jogja (Foto: Kresna)

Rubinem,sinden legendaris asal Jogja (Foto: Kresna)

Kabar ini pun sampai juga di telinga mahasiswa Jogja. Rahma Anisa Hapsari misalnya. Mahasiswi UP 1945 di Babarsari ini mengatakan Jokowi memang tak perlu repot mengatur jadwal untuk bertemu musisi beken asal Inggris itu. Lebih baik, sarannya, Jokowi mengagendakan ketemu sama musisi-musisi daerah yang punya pengaruh besar ke musik nasional.

“Daripada menjadwalkan buat ketemu sama musisi dunia di Istana Negara, mending mengundang musisi atau seniman daerah ke sana (Jakarta) atau malah ketemu di daerah. Lebih asyik dan bisa saja Jokowi tahu berbagai masalah seniman daerah,” katanya.

Ada banyak seniman daerah yang bisa diundang atau disambangi Jokowi. Di antaranya ada Yusran Effendi atau John Tralala (madihin) dari Kalimantan Selatan, Nur Ainun di Sumatera Utara, Om Tjato dan Nirwan Sahiri di Sulawesi, atau Rubinem dari Jogja.

“Daripada musisi luar, mending agendakan ketemu Rubinem misalnya. Beliau itu sinden legendaris di RRI Jogja dan sempat jadi sinden favorit Sukarno. Biar Jokowi bisalah melihat dengan hati sendiri bagaimana kondisi seniman-seniman di daerah dan barangkali bisa bikin kebijakan untuk membantu seniman daerah yang kerap terlupakan,” sambung Londo Wibowo, mahasiswa FT UNY.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar